Metode Beli Gas Atau Air Galon Adalah Solusi Tepat Buat Motor Listrik

suzuki

Yola dulur…. Bahan bakar minyak tidak selamanya tersedia. Stok dalam perut bumi semakin sedikit saja, dan sekarang menjadi sumber energi yang relatif mahal. Solusi jangka pendeknya ada 2 macam, tenaga gas atau elektrik atau listrik yang lebih murah. Bicara motor listrik, kendala utamanya adalah lamanya isi ulang atau recharge baterai yang berjam-jam. Nah, deka punya opini liar nih, bagaimana jika metode beli gas lpg atau air galon sebagai solusi?

air galonan
air galonan

Motor dengan tehnologi gas memang yang paling dekat dan paling gampang dijangkau. Hal ini dikarenakan tehnologinya masih dekat, cenderung sama dengan mesin internal kombustion sekarang ini. Tinggal masalah penyimpanan yang mudah sebenarnya, dan alat konversinya. Bahkan banyak tangan-tangan kreatif yang sudah membuatnya.

premium2gas

Di sisi lain motor elektrik juga banyak dikembangkan. Dan motor listrik ini lompatannya agak jaug dibandingkan motor gas. Tehnologi mesin internal kombusi dibuang, diganti mesin rotor listrik yang simpel, silent, bebas polusi. Hanya satu kelemahan utamanya, yaitu waktu pengecasan yang memakan waktu. Nggak lucu kalau saat perjalanan kita kehabisan baterai, dan berhenti di stasiun pengisian listrik kita ngejogrok, nongkrong nungguin ngecas. Nggak usah nunggu 8 jam, bicara 2 jam saja…. bisa jambul uwanen kita 😀 .

 

Terinspirasi dari membeli air galon atau gas tabung 3 kg, deka punya opini, bagaimana jika metodenya dipakai saja buat sistem isi ulang batterai motor listrik? Lha maksudnya piye to om deka? Mbok ya yang jelas kalau bikin tulisan.

Lightening-LS-218
Lightening-LS-218

Gini….gini lur….andaikata kita hidup dengan motor listrik nantinya, maka akan tetap ada stasiun-stasiun pengisian ulang energi. Kalau sekarang stasiun energi berbentuk stok minyak, pom bensin, maka stasiun energi listrik berbentuk pengisian ulang baterai dan stok baterai full charge atau isi penuh. Jadi saat kita kehabisan energi listrik, kita mampir ke stasiun pengisian ulang tersebut. Nah… Kita tidak perlu ngecharge baterai yang memakan waktu lama, cukup lepas baterai, ganti dengan baterai yang isi penuh… Cepat…. Ringkas…. Kan ?

Persis seperti beli air galon atau gas tabung. Kagak perlu nunggu refill, tinggal nyerahin tabung kosong, bayar, dapat yang penuh. Metode ini tentu juga bisa diterapkan untuk baterai isi ulang bukan? Dan sama persis dengan air galon atau gas, saat beli baterai yang full, tentu kita kudu menyerahkan baterai kita, dan merknya harus sama. Nggak boleh kan tabung vit ditukar tabung aqua?? Blue gas diganti lpg ?

baterai motor listrik
baterai motor listrik

Nah dengan cara seperti itu, nantinya akan banyak stasiun pengisian ulang berbagai macam merk baterai. Tinggal disesuaikan dengan jenis baterai yang kita pakai. Bagaimana jika stok baterai isi full habis? Yah…. Kan disedian alat charge-nya. Ngisi dulu darurat selama 1/2 jam untuk mencapai stasiun berikutnya. Dan ini menjadi parameter merk baterai mana yang aftersalesnya paling baik….

Josss bukan??? Kalau metode ini dilakukan, ane yakin…. Motor listrik akan sangat mudah diterima masyarakat…… Gimana dulur…. Cocok nggak ide liar ini?

Bonus Electric eye… By Judas Priest

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum