Metik Red Ocean Yamaha Cukup Tiga Plus Skubek

suzuki

Yoal dulur….pasar segmen metik di negeri ini saat ini dikuasai sebagian besar oleh Honda dengan AHM dan Yamaha meskipun sekarang terpaut hampir setengahnya AHM. Padahal dulu, Yamaha adalah raja di kelas metik ini.

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Tentu ada yang salah dengan yamaha, meskipun kesalahan itu apa, mereka jauh lebih tahu dibanding penulis. Namun sekarang kita tidak akan membahas kesalahan itu apa, namun beropini apa langkah yang harus dilakukan oleh pabrikan dengan lambang garputala ini agar persaingan dengan sayap mengepak akan ketat lagi.

Salah satu faktor dari menyusutnya pasaran metik yamaha sekarang ini adalah terlalu jumawa melayani tingkah polah AHM dengan sumber dayanya yang lebih melimpah dan brand image yang tertanam di masyarakat lebih lama dan dalam. Strategi AHM yang apa lu gue ada, berbagai macam varian metik dibuat, diikuti yamaha mentah-mentah. Sehingga kapasitas produksi yang lebih terbatas mengejar pembuatan metik-metik tersebut digenjot, sehingga mengorbankan line produksi kelas yang lain yang lebih menjanjikan. Padahal Metiknya menjualannya terus menyusut, otomatis akan banyak stok di gudang, berbeda nasib dengan kelas sportnya yang harus inden lama.

blue core ingine
blue core ingine

Tak kurang dari Mio series, Mio GT, Mio soul, X-ride, Fino, Xeon, GT-125, mengisi line produksi mereka. Sedangkan serapannya tahu sendiri kan? nah berdasarkan akan hal ini deka kalau boleh beropini, yamaha harus mengurangi jenis metik mereka untuk sementara. Hal ini bertujuan untuk menguatkan brand image metik mereka dahulu yang sudah terlanjur luntur. Ibarat celana jeans, brand image metik mereka perlu diNaptol dulu :D.

Untuk memudahkan penguatan brand itu maka masyarakat harus dipermudah untuk mengingatnya, salah satu caranya ya mengurangi nama brand brand yang harus direkam. Nah disini deka beranggapan bahwa brand metik yamaha cukup tiga jenis metik saja, ditambah satu skubek. Kenapa skubek ane masukkan, karena segmen ini belum ada yang bermain lagi, nah yamaha bisa menjadi pioner lagi sebelum dilirik pabrikan lain.

Yamaha-Nouvo-SX-125
Yamaha-Nouvo-SX-125

Tiga jenis metik tersebut adalah metik sejuta umat, metik “laki”, metik fashion. Nah di tiga jenis ini dulu yamaha menguatkan brand image mereka. Disaat kepercayaan publik kembali seperti dahulu, baru ok lah menambah jenis metik mereka. Dengan cara seperti ini akan lebih mudah mengatur kapasitas produksi mereka dalam membagi dan menggenjot produksi jenis motor yang lainnya.

Ini adalah opini liar deka, kadar kebenarannya boleh anda sangsikan 😀 😀 ….namun tolong jika ada opini lain silahkan dishare..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil