Mesin Terkini Tetap Butuh Pemanasan Di Pagi Hari

suzuki

Yola dulur yang budiman…sebenarnya artikel ini bukan karena ngadimin sok pinter, lebih tahu mesin. Tapi kalau membaca beberapa tulisan media, kok kurang sreg. Bukan karena soal mana yang paling benar, tapi kepedulian ngadimin terhadap motor dulur-dulur pembaca blog ini. Apakah betul mesin motor modern itu sudah tidak butuh pemanasan lagi?

Rasa kegelitikan untuk menulis karena pernah membaca, dan tidak hanya sekali ada pihak tehnisi bengkel resmi mengatakan mesin modern sudah tidak butuh pemanasan di pagi hari. Tinggal pancal langsung gaspol….aman….

Sebuah harapan yang indah bagi ngadimin untuk menunggu kesempatan itu. Pagi hari, tinggal stater motor dan gaspol, mesin motor aman terkendali. Tidak buang-buang waktu dan bbm untuk sekedar menghangatkan mesin motor. Mesin modern nih….bukan mesin jadul jaman firaun. Sayangnya belumlah ideal untuk saat ini melakukan hal tersebut.

gd250n mesin

Jika dilihat dari sudut pandang mesin….iya…. I agree with it. Mesin modern yang sudah menggunakan sistem injeksi dan dipasangi sensor-sensor untuk mencari pembakaran paling ideal di semua kondisi, mesin modern sudah tidak butuh pemamasan lagi. Dalam kondisi dingin, panas, sensor membaca faktor-faktor yang diinput ke ecu, diolah sehingga takaran udara dan bbm dicampur mendekati ideal.

Berbeda dengan sistem karburator, dimana langsam ideal, pembakaran ideal butuh suhu ideal. Karburator bekerja secara statis manual, tidak bisa mengikuti perubahan faktor luar. Berbeda dengan injeksi dimana bekerja secara digital.

Dari sudut pandang mesin…benar…. Mesin modern sudah tidak butuh pemanasan, khususnya di pagi hari. Namun mesin motor tidak berdiri tunggal. Ada faktor lain yang punya peranan penting. Oli, atau pelumas…..

gulf oil

Oli perlu waktu untuk bersirkulasi, butuh waktu untuk mencapai perlindungan yang ideal di semua komponen mesin. Apalagi saat mesin dimatikan semalaman, oli akan turun ke bagian bawah mesin, bak penampung oli. Saat pagi hari mesin dinyalakan, perli waktu untuk oli sampai ke semua bagian komponen mesin, dari bak oli-sektor head/cam, conroad,crankshaft, piston, gearbox.

Belum lagi kekentalan atau viscosity oli tidak ideal saat dingin, seberapapun sae yang anda pakai, kecuali sae 20 kebawah, saat mesin belum mencapai 98°c, belum mencapai KV ideal untuk proteksi maksimal. Jika kondisi tidak ideal ini anda paksakan mesin bekerja berat, dipastikan keausan akan lebih cepat terjadi, mesin akan turun performa dan efisiensinya. Part aus akan cepat minta ganti.

Anda mungkin akan ingat iklan sebuah oli, 90% keausan terjadi saat mesin dalam kondisi dingin. Itu adalah benar adanya. Makanya para insinyur perolian berlomba-lomba membuat formulasi oli yang lebih cepat berproteksi terhadap mesin, saat mesin dinyalakan. Dan sampai sekarangpun, belumlah ideal untuk pemakaian sehari-hari. Kecuali sae 20 kebawah, itupun di suhu 100°c kv nyw sudah tidak ideal lagi.

So….lebih baik angetin dulu mesin saat pagi hari…sekitar 2 menitan, kemudian berkendaralah secara normal, mesin bekerja ringan-normal, setelah mesin panas ideal baru gaspoll…… Ingat…mesin bukan tubuh manusia yang bisa regenerasi atau mengganti bagian yang rusak dengan sendirinya. Mesin bisanya hanya aus…berkurang, tidak bisa menyembuhkan sendiri.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum