Mesin PCX Lokal Tidak Memakai Mesin PCX CBU

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Jika dulur sekalian bertanya mesin apa yang disandang oleh skutik pcx150 lokal? Mungkan dulur akan mendapati info di media bahwa mesinnya bukan mesin vario 150. Nah…ngadimin akan menyajikan info dari sudut pandang berbeda, bahwa mesin pcx150 lokal juga bukan mesin pcx150 cbu vietnam.

Kenapa ngadimin bisa bilang bahwa mesin pcx150 lokal tidak memakai mesin versi cbu? Mungkin sekilas pandang bisa melihat dari bentuk desain cover crankcase cvt atau box filter…. No…perbedaan seperti itu mudah untuk dilakukan tanpa merubah spek mesin.

Ngadimin lebih melihat dari ukuran bore-stroke mesin pcx150 lokal. Kenapa melihat bore-stroke nya? Karena bore-stroke adalah “ruh” sebuah mesin. Ukuran bore-stroke akan menentukan karakter mesin seperti apa, dan akan berpengaruh ke komponen mesin lainnya.

Untuk melihat perbedaan karakter mesin antara versi lokal dengan cbu, pertama kita lihat screenshot diatas. Kita dapati ukuran bore-stroke mesin pcx150 lokal adalah 57,3 x 57,9. Jika kita hitung melalui rumus, didapat kubikasi mesin sebesar 149,23 cc.

gulf oil

Sedangkan bore-stroke pcx cbu/vietnam mempunyai ukuran 58 x 57,9. Strokenya sama, sedangkan bore nya lebih besar. Jika kita hitung kubikasinya maka ketemu 152,89 cc….

Nah…berbeda kan? Bahkan kubikasinya lebih kecil daripada versi cbu. Jika ada pertanyaan Ah…hanya sebatas beda ukuran bore saja….. Sepele itu…. Sekilas memang sepele, tapi implikasinya lebih kompleks dalam jalur produksi sebuah mesin motor. Sangat berbeda dengan sebuah proyek sekelas garage atau rumah produksi.

Sekarang kita lihat spek mesin vario 150 yang diproduksi lokal pula oleh ahm. Kita lihat ukuran bore-stroke nya….ternyata sama dengan mesin pcx150 lokal. Ini menandakan bahwa kubikasinya pun sama, 149,23 cc.

Namun hebatnya ahm bisa membentuk mesin dengan kubikasi yang sama, kompresi mesin yang sama tapi output powernya lebih tinggi 2 dk dibandingkan mesin vario 150 dan lebih unggul 1,52 dk dari mesin pcx cbu yang punya kubikasi lebih gede….

Wah….menarik ini menunggu penjelasan ilmiah ahm soal peningkatan signifikan performa mesin pcx lokal ini. Secara, ngadimin paling suka dengan tehnologi motor yang makin efisien dan powerfull…. Peningkatan sebesar itu, ngadimin yakin tidak hanya berasal dari setting ecu untuk meningkatkan power, karena beresiko membuat mesin lebih boros bbm.

Terus apakah mesin pcx150 lokal merupakan mesin baru? Hmmm…sepertinya juga tidak…. Yang logis ya mesin dengan basis mesin vario yang diupgrade, hal yang jamak saat ini dilakukan oleh pabrikan motor manapun.

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum