Mesin Burgman 125 Dan Tehnologi GSXR1000 Bisa Jadi Modal Pengembangan Suzuki

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Di artikel yang lampau, ngademin pernah memberikan kritik terhadap suzuki. Khususnya soal perjenjangan mesin untuk beberapa kelas kubikasi kecil. Jika tak mau terlambat, suzuki bisa memanfaatkan basis mesin burgman 125 dan tehnologi di mesin gsxr1000.

Ya… Untuk saat ini suzuki belum mempunyai mesin motor metik kelas murah 125 cc liquid cooled. Punya sih… Seperti mesin swish 125, skywave, spin, dan lain-lainnya. Masalahnya tehnologinya sudah uzur…. kurang laku untuk dijadikan gimmick. Dan republik biker Indonesia, gemar sekali dengan gimmick.

Satu-satunya cara … Mau tak mau, ya harus membuat mesin metik 125 cc baru. Terlambat jika dimulai sejak 1 tahun yang lalu, atau bahkan mulai sekarang. Akan tertinggal dibandingkan pabrikan lain 5 kabupaten!!!! Jika memulai dari ” Nothing “.

Paling cepat, ya memanfaatkan mesin yang ada, kemudian ditambah dan dimodifikasi dengan tehnologi kekinian. Suzuki punya mesin metik 125 cc yang terbilang keren… Burgman 125. Meskipun mesin lama, tapi sudah liquid cooled. Tinggal ditemplokin tehnologi kekinian untuk menyamai ISS honda atau VVA yamaha.

gsxr1000 vvt

Suzuki punya mesin GSXR1000. Salah satu tehnologi yang menonjol adalah suzuki VVT. Unik dan menonjol karena menggunakan sistem mekanis, bukan elektronik. Bisa dibuat menarik lagi dengan penamaan yang keren…. Misalnya Magic Ball VVT.

Nah… Tinggal benangkan tuh suzuki vvt ke mesin 125 cc burgman 125. Jadilah mesin 125 cc modern. Apalagi jika suzuki sudi m nambahi ” legacy of suzuki ” TSCC. Dah dijami. Killer tuh spek mesin… Dan syarat utamanya ” LOKAL “. Percuma tehnologi modern tapi mesin impor… Harha mahal ngga laku disini.

Itulah opini ngademin untuk suzuki di kelas 125 cc. Dan ini bisa menjadi basis mesin kelas-kelas diatasnya nanti…. Masalah suzuki itu bukan soal kualitas… Tapi gimmick marketing.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil