Mesin Baru Suzuki GSXRR Memakai Sistem Oli Terpisah?

suzuki

Mengulik sebuah gambar atau foto memang menarik. Khususnya berhubungan dengan gossip perkembangan mesin motor motoGP. Seperti halnya dengan gambar berikut ini. Mesin baru suzuki GSXRR memakai sistem oli terpisah?

Dari hasil tes post season di sirkuit valencia dan jerez, team suzuki menyatakan bahwa mesin suzuki gsxrr untuk musim 2020 lebih baik dari musim 2019. Mesin mempunyai karakter lebih smooth, memberikan traksi lebih baik, namun mempunyai end power sedikit lebih baik dari edisi 2019. Ini yang membuat team lebih pede untuk menyongsong musim baru.

Perubahan apa saja di mesin suzuki gsxrr 2020? Tentu selevel ngademin tidak tahu. Namun dipastikan, tidak ada perubahan revolusioner di sektor mesin. Kenapa? Karena team jelas tidak mau meriset mulai dari nol. Memakan banyak biaya dan waktu. Paling logis adalah pengembangan mesin yang ada. Lagi pula, mesin edisi 2019 terbukti reliable… Daya tahan bagus. Hanya butuh perbaikan performa.

Dari sebuah foto, bisa dilihat penampakan crankcase sebelah kanan suzuki gsxrr. Awalnya ngademin kiri adalah bolt engine ( lingkaran biru atas ). Dimana di edisi 2019, hanya nampak 1 bolt, sedangkan edisi 2020 ada 2 bolt. Namun ngademin mendapatkan gambar yang lebih jelas. Ternyata itu bukan bolt, tapi jendela oli.

Pertanyaannya, kenapa sekarang dibuat 2 lubang jendela olinya? Fungsi jendela oli adalah melihat level volume oli mesin. Dan bukan rahasia umum, mesin prototype motogp itu dipastikan susut oli mesinnya ketika mesin beroperasi.

Jika boleh mengutarakan pertanyaan, apakah mesin suzuki gsxrr 2020 mempunyai 2 sirkulasi pelumasan terpisah? Jalur pelumasan seperti mesin mobil/ skutik? Apakah pelumasan gearbox dengan bagian head terpisah sehingga dibutuhkan dua jendela oli?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang tak mungkin dijawab oleh team suzuki. Karena membocorkan ke media, berarti membocorkan senjata mereka ke pihak lawan.

Apakah dulur pembaca mempunyai tebakan yang lain? Silahkan beropini.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply