Merk Mesin Boat Yang Paling Banyak Dipakai Oleh Kapal Wisata Glagah Dan Congot

suzuki

Yola dulur yang budiman… Setelah silaturahmi Lebaran, tugas wajib ngademin adalah menjadi sopir keluarga piknik ke tempat wisata. Kali ini tujuannya adalah pantai glagah, congot+wisata mangrove. Di tujuan, ngademin amati, banyak kapal boat kecil. Dan ketika diamati, mesin boat yang paling banyak dipakai adalah merk Suzuki.

Hal ini menjadi perhatian ngademin karena agak berbeda dengan 4 tahun yang lalu. Di tempat yang sama, dulu paling banyak mesin tempel boat jenis outboard yang dipakai beragam dari merk yamaha, mercury.

2 tahun yang lalu dari pengamatan ngademin, mesin boat suzuki mulai dipakai di boat wisata pantai glagah. Baru beberapa kapal yang pakai dan ngademi jumpai. Menemani merk yamaha dan mercury.

Berpindah di wisata hutan mangrove yang memang harus naik kapal boat. Armada kapalnya relatif lebih baru karena tempat wisatanya baru kurang dari 2 tahun Nah… Di kapal-kapal baru ini, hampir semua kapal memakai mesin tempel Suzuki. Ngademin hanya menjumpai 1 kapal memakai merk yamaha…. Itupun sudah lama, terlihat mesinnya yang sudah ”¬†mbladus¬†” alias kusam.

Saat diatas boat, iseng-iseng ngademin tanya ke pak Purwadi, pemilik boat. Kenapa kok pada pakai mesin boat suzuki? Jawaban pak Purwadi, dia pakai mesin boat suzuki karena melihat pemilik kapal sebelum dia yang memakainya, mesin lebih bandel, tenaga paling gede di kelasnya, dan perawatan lebih murah. Saat ditanya keiritan? Dia menjawab : karena power lebih gede di putaran mesin yang sama, otomatis tidak perlu setel gas lebih tinggi sudah dapat power setara, jatuhnya ya lebih irit.

Dari pengamatan ngademin, mesin yang dipakai adalah mesin kelas kecil sekitar 15 DK, bermesin 2 tak. Dan lucunya, dogma atau warisan katanya dunia motor juga meracuni dunia boat. ” Untuk mesin 2 tak, suzuki memang jagonya mas..tenaga gede, mesin bandel ” kata pak Pur lagi.

Sebenarnya mau bertanya lebih lanjut soal bagaimana cara servis mesin, apakah ke bengkel atau ada tehnisi suzuki yang datang, atau murni tehnisi lepas. Sayangnya keburu kapal menyandar sampai tujuan.

Dan karena potensinya mulai bertambah, sepertinya pabrikan Honda mulai melirik. Nampak di baliho-baliho honda di tempat sandar boat.

Berikut ini spek mesin outboard suzuki 15 dk, 2 tak:

Tenaga 15 hp / pk
Max Prop Shaft Output 11 kw (15ps) @ 5000 r/m
Jenis Mesin 2 Cylinder – 2 Tak / Stroke (outboard)
Tangki Bahan Bakar Built in Fuel Tank – 12L
Jensi Bahan Bakar Gasoline
Fuel/Induction System 1 Carburetor
Rentang Rpm Penuh 4800 – 5600 r/m
Perpindahan Gigi Maju – Netral – Mundur
Sistem Starter Manual
Sistem Pembakaran P.E.I
Lubrication Pre Mixing
Berat Kering 37.5 kg

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*