Mereview Suara “Cklak” Saat Shifting Gear

suzuki

Yola dulur yang budiman….bagi sebagian dulur sekalian, mungkin pernah mengalami suara cklak saat melakukan shifting atau masukin gigi dari N ke gigi 1 atau bahkan merasakan perpindahan gigi pertama ini begitu keras. Bagi sebagian publik mungkin tidak mempermasalahkannya, tapi sebagian publik merasa terganggu, atau minimal risih dengan suara kasar tersebut. Kejadian ini bisa terjadi di motor sistem kopling basah kubikasi kecil sampai kelas moge 1000 cc. Yuk kita obrolin, dan mereview penyebabnya.

Bisa jadi ini adalah bawaan pabrik, atau memang karakter mesinnya seperti itu, melihat kasus di beberapa jenis motor. Tapi kita bisa mereview, barangkali gangguan masukin gigi 1 tersebut bisa diminimalisir.

Yang pertama dilakukan adalah mengecek kondisi setelan kabel kopling. Fungsi kabel kopling yang ditarik olh lever adalah mengangkat kampas kopling. Jika setelan kurang maka daya angkat koplinya kurang, sehingga perpindahan transmisi kurang mulus….. bunyi cklak atau terasa keras….. Jika dianggap kurang, setel kabel kopling di pangkal lever atau yang di dekat lengan pengungkit kopling diatas crankcase mesin.

Yang perlu review selain kabel kopling adalah sektor pelumasan, oli mesin…. Karena di motor yang masih menganut kopling basah atau kopling celup, kampas dan kopling kerendam oli mesin, maka kualitas oli mesin juga bisa berpengaruh. Gantilah dengan oli yang segar atau baru. Atau gantilah dengan oli dengan kualitas bagus. Hal ini ngadimin alami sendiri di beberapa motor kopling basah. Yang terkini adalah kasus satria F150 dan gsxr150 yang diganti dengan oli gulf superfleet, pengaruh di kenyamanan shifting begitu signifikan. Shifting dari N sampai gear paling tinggi lebih empuk dari saat pakai oli sebelumnya.

Ada juga kasus judder, cklak, keras saat pindah gigi harus membutuhkan penggantian kampas kopling karena sudah aus.  Kenapa harus diganti? yah…. namanya juga kampas, emang ditakdirkan aus tuh part…. lha besi aja aus…apalagi kampas 😀 . Kerja utamanya yang menahan gesekan itulah yang membuat kampas kopling termasuk part wajib ganti secara berkala ( untuk jarak tempuh tertentu ).

Yang perlu diingat saat pergantian kampas kopling itu adalah kadang bukan hanya kampasnya saja, tapi juga plat koplingnya. Dan ini membutuhkan pemasangan yang presisi agar rata, jika tidak rata maka walaupun sudah diganti dengan kampas baru, cklak masih tetap hadir. dan plat kopling ( besi ) tersebut juga bisa aus….. Oh iya…. jika anda mengganti kampas kopling sendiri secara TePOK, jangan lupa rendam dulu kampasnya di dalam oli semalaman ya.

Dari berbagai Sumber

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*