Menjadikan Ngebut Menjadi Aktivitas Yang Menyenangkan

suzuki

Yola dulur…..judul diatas sekilas penulis seperti mengajak pembaca untuk anti safety riding, ngajak sruntulan, ngejar topspeed yang beresiko kehilangan nyawa atau setidaknya korban luka. Jawabannya TIDAK….. Disini akan dibahas atau berdiskusi tentang tatacara ngebut yang safety… Ngebut yang merupakan aktivitas yang menyenangkan saat berkendara… khususnya motor.

full throttle
full throttle

Tidak dipungkiri, riding ngebut, mencari topspeed adalah kegiatan yang menantang adrenalin yang berujung akan kenikmatan yang addicted buat sebagian kalangan. Apalagi kalau sudah pegang motorsport… Ngebut merupakan makanan pokok yang kudu disantap.Namun karena terlalu sering dilakukan, bahkan tidak mengindahkan kondisi, situasi, serta waktu yang tepat, maka aktivitas ngebut menjadi suatu kelakuan yang sudah kehilangan rasa nikmatnya, bahkan menjadi sumber celaka diri maupun pengguna jalan lain. Ya… Rasa nikmat yang disebabkan oleh hormon adrenalin itu addicted… candu… Dimana rasa pertama melakukan jauh lebih nikmat dibandingkan rasa-rasa berikutnya saat melakukan ulang. Bahkan saat sudah menjadi kebiasaan, maka rasa nikmat itu akan hilang… biasa saja rasanya.

Jika ingin mencapai rasa nikmat yang sama maka dosis adrenalin butuh ditingkatkan, dengan cara melakukan hal-hal yang lebih menantang. Akhirnya kelakukan-kelakuan bodoh di jalan muncul, ngebut di jalan ramai, ngebut dengan lampu padam, ngebut dengan mematikan rem dan lain-lain…. Bloody idiot.

gulf oil
riding fast
riding fast

Salah satu cara memelihara rasa nikmat tersebut adalah dengan cara membatasi aktivitas tersebut. Disini adalah aktivitas ngebut. Jadikan ngebut itu seperti doorprise, kesempatan yang jarang-jarang bisa dilakukan, maka rasa nikmat akan ngebut tersebut akan nyaris sama rasanya.

Maksudnya gimana? Gini… Ngebutlah saat menemukan kondisi jalan yang lengang, jauh dari penduduk, jarang kendaraan lalu lalang. Kalau deka sendiri patokannya adalah jalan lurus yang medannya sudah kita kenal, contohnya jalan di tengah-tengah sawah, radius 1 km kedepan tidak ada halangan kendaraan lain, aman dari rumah penduduk. Baru gaspol sampai batas aman tercapai, setelah itu kurangi kecepatan jika salah satu faktor kesempatan tersebut hilang.

Wah susah dong cari jalan seperti itu? Memang…. Jadikan aktivitas ngebut itu aktivitas dadakan, doorprice. Maka saat menemukan kondisi yang layak tersebut, kita seperti dapat durian runtuh… Merasakan sensasi ngebut….nikmat….. Jika kondisi normal, ya berkendara normal saja… Safety first.. Saat ada kesempatan itu, ane sering tersenyum sendiri setelah dapat kesempatan ngebut… Senyum puas karena asyik… Nikmat… Dan dengan cara seperti itu ane Zero Accident selama puluhan tahun…..

Bonus : Addicted To That Rush…By Mr Big

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum