Mengenal Tehnologi Cooper Grip Treatment Silindernya Suzuki, Lebih Dari Spiny Sleeve

suzuki

Masih berhubungan dengan tehnologi yang tersemat di motor suzuki gixxer 250 F. Jika kemarin membahas SOCS, sekarang Cooper Grip Treatment silindernya suzuki. Secara, lebih dari spiny sleeve.

Lho kok dikaitkan dengan spiny sleeve? Wajar Lur, karena sejatinya Cooper treatment Silinder adalah spiny sleeve yang disempurnakan lagi.

Untuk soal spiny sleeve, sebenarnya sudah ngademin buatkan artikelnya, jaman baheula dulu. Sayangnya artikel ” Broken ” ketika pindah hosting.

Pada intinya, tujuan spiny sleeve adalah menambah luasan permukaan silinder untuk menghantarkan panas hasil pembakaran ke blok mesin untuk proses pendinginan. Karena dinding silinder ukurannya terbatas, maka untuk memperluas permukaannya, dinding luar dibuat seperti dot-dot atau bulatan-bulatan kecil. Semakin banyak bulatan, maka semakin luas penampangnya.

Dulu sempat ramai tehnologi ini ketika sebuah brand motor mulai memakainya. Bahkan dibandingkan dengan tehnologi SCEM dan Diasil silinder…. Padahal berbeda target tujuannya. Spiny sleeve murni di sistem pendinginan atau penghantaran panas keluar silinder.

Nah… Cooper Grip treatment silinder suzuki gixxer 250 sf ini dikombinasikan dengan SOCS, atau satu paket utuh. Karena SOCS terbaru tidak lagi menggunakan air fin di blok mesin. SOCS terbaru murni mendinginkan mesin menggunakan oli.

Untuk memaksimalkan pendinginan, atau menstabilkan suhu ideal ruang bakar, maka panas yang dihasilkan secepat mungkin harus dihantarkan ke dinding blok mesin/ dinding luar silinder head dimana didalamnya ada jaket oli pendingin. Disinilah peran Cooper Grip treatment silinder.

Seperti yang diterangkan diatas. Cooper Grip treatment silinder adalah sebuah spiny sleeve yang disempurnakan. Disempurnakan, karena sudah ada penambahan dari versi sebelumnya. Kalau spiny sleeve murni terbuat dari sleeve steel atau besi, maka cooper grip dinding sleeve dari besi, namun dinding luarnya dilapisi ” granul-granul ” atau tonjolan-tonjolan yang terbuat dari cooper atau tembaga. Kita tahu bahwa daya hantar panas cooper lebih bagus dari besi.

Dengan bahan cooper inilah tehnologi spiny sleeve lebih cepat lagi dalam menghantarkan panas ke dinding silinder untuk didinginkan oleh sistem SOCS. Selain penambahan luas penampang penghantar panas, bahannya juga dibuat agar bisa menghantarkan panas lebih cepat.

Jadilah SOCS dan Cooper Grip Treatment seperti kombinasi mutualisme. Dan sudah selayaknya suzuki menyematkan tehnologi ini di line up mesin non radiator mereka. Kita bayangkan saja mesin metik dan moped air cooled digantikan dengan SOCS dan Cooper grip tretament…. Sungguh sebuah nilai jual tambahan yang bagus.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply