Mengenal SOCS, Tehnologi Sistem Pendingin Oli Terbaru Suzuki

suzuki

Saat bicara tehnologi mesin suzuki gixxer, banyak yang masih menganggap sistem pendingin olinya sama saja dengan, katakanlah satria FU. Padahal sistem pendingin oli yang terbaru sudah lebih advance. Suzuki menyebutnya SOCS.

Ngademin sendiri baru tahu, sistem pendingin mesin menggunakan oli di motor itu, pionernya adalah suzuki. Suzuki lah yang mengembangkan sistem pendingin oli ( oil cooled ) ke mesin motor. Tujuannya untuk mendapatkan mesin motor yang kecil,ringan, dan ringkas.

Sistem oil cooled engine terus dikembangkan. Dan edisi terbaru dari oil cooled disebut dengan SOCS, Suzuki Oil Cooling Sistem. Banyak rubahan konstruksi dan inovasi desain agar sistem pendinginan lebih sempurna.

 

 

Yang perlu dipahami adalah pengertian dasar oil cooled sistem. Oil cooled bukan berarti mendinginkan semua oli yang ada di calter. Bukan seperti itu, tapi mendinginkan area silinder head menggunakan oli mesin yang sebelumnya didinginkan dulu melalui cooler fin ( fin radiator ). Tidak semua oli melewati jalur tersebut, sebagian bersirkulasi langsung ke bagian mesin lain.

 

Dengan sistem ini, suhu ideal di ruang bakar lebih terjaga daripada memakai air cooled sistem, sama dengan liquid cooled sistem. Hanya saja, oil cooled membuat mesin jadi lebih ringkas, ringan, kecil karena jalur air dan sistem kerjanya tidak dibutuhkan. Sehingga perawatan lebih mudah.

Berikut ini beberapa development dari sistem pendingin oli terbaru suzuki tersebut.

Jalur Oli diperpendek

Jalur oli, khususnya pendingin ( radiator fin ) diperpendek dekat mesin agar jalurnya lebih pendek. Tujuannya agar oli dari calter langsung masuk ke cooler fin, dan segera didistribusi ke area yang lebih luas dan lebih cepat.

Pemisahan Jalur oli dan “Dots” Sistem

Jalur aliran oli di samping ruang bakar ( oil jacket ) dipisah antara kanan dan kiri ( tidak menyambung ), dan pengaturan dengan sistem “dots” agar saluran pendingin oli bisa menggapai area lebih luas dan lebih cepat.

Dan sistem penggunaan oli untuk pendingin ini terpisah dari jalur oli untuk pelumasan mesin area head. Jadi benar-benar memakai jalur yang terpisah, sehingga pendinginan lebih efektif.

Boundary Layer Breaker

Maksudnya, oli yang mengalir di jalur jaket oli tidak terisi penuh. Dengan boundary layer breaker, oli mengalir di dua sisi dinding mesin, luar dan dalam.  Dimana dinding dalam yang langsung menerima panas dari ruang bakar dibuat dengan struktur gerigi…. Tujuannya agar luas penampang pendingin yang dialiri oli berlipat ganda luasnya.

Dengan sistem oil cooled baru ini, sistem transfer panas dari ruang bakar sangat efektif, apalagi ditambah dengan cooper grip treatment ( kita bahas next artikel ), membuat daya pendinginan hampir menyamai sistem liquid cooled. Dan suUki berani menghilangkan sirip-sirip pendingin udara di mesin gixxer 250 F.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply