Mengenal Lebih Dalam Suzuki Gixxer

suzuki

Yola dulur…. beberapa waktu yang lalu Suzuki meluncurkan motor light sport mereka yaitu Suzuki GSX-R atau bahasa latah kerennya Gixxer.

Suzuki-Gixxer-side-view

Meskipun baru di loncing di negara Kuch-Kuch Hota Hai (kenapa selalu?), tapi denger-denger kabar dari rumput yang bergoyang akan menjadi basic motor light sport Suzuki dimarih. Entah sama plek dengan yang di India, atau udah dimodifikasi agar sesuai dengan selera pasar dimarih. Sukur-sukur sudah pengembangan di sektor mesin, misalkan upgrade dari mesin satria FU atau FXR (ngarep.com) . Kan selama ini Suzuki yang belum punya gacoan di kelas batangan fairing 150 cc . Nah apa salahnya kita berkenalan dulu dengan Gixxer ala India ini, sambil menunggu Gixxer versi dimarih.

suzuki_gsxr600_main

Untuk motor dengan lambang S ini, kelas paling bawah untuk seri GSX-R adalah GSX-R600, berarti lansung melompat ke 150 cc tanpa ada seri 400 cc maupun 250 cc seperti lumrahnya Honda maupun Yamaha. Suzuki Gixxer diperkenalkan pertama kali pada New Delhi Auto Expo 2014 kemaren untuk dipertontonkan pada media dan masyarakat.

suzuki gsxr 600 black

Desain Gixxer nampak mendobrak kebiasaan Suzuki, kini dalam bentuk yang agresif, seperti yang biasa dianut oleh Yamaha . Semua produk mereka yang lain di india mempunyai desain yang umum dan monoton…. terlalu biasa dan umum. Headlamp gixxer mempunyai bentuk trapesium unik dengan plat nomor dipasang diatasnya, seperti kawasaki ninja maupun NVL di sini . Tidak ada gebrakan lain dan terlihat frontal yang ditemukan, kecuali pemasangan ban gambot ukuran 100/80 17 inch .

suzuki gixxer front

Yang paling menonjol dari desain gixxer adalah bentuk tangki bahan bakar yang berotot dan menonjol seperti seriFZ yamaha. Mempunyai desain tajam penuh siku dan bergaris tajam, sehingga memungkinkan kaki memeluk tangki dengan sempurna.  Elemen desain terbaik kedua adalah knalpot yang nampak mewah ala motor ber cc  besar, nampak kokoh dan gagah.

Suzuki-Gixxer-Pics-exhaust

Di India Gixxer didukung oleh mesin 150 cc 4 tak berpendingin udara SOHC  silinder tunggal . Tenaga dan torsi angka yang tidak dipublikasikan namun oleh perusahaan tetapi diyakini bahwa performanya di range yang sama dengan seri FZ . Ini adalah angka yang logis di mana Suzuki mungkin ingin menyaingi  motor berototnya Yamaha dengan menawarkan sepeda motor lebih hemat . Gixxer dibekali dengan sistem SEP ( Suzuki Eco Performance ) . Dari penampakan di Delhi Auto Expo, Gixxer dibekali dengan konsol full digital tachometer yang mempunyai redlines pada 9.500 rpm , indikator gigi , jam ,indikator bensin dan speedometer .

 

suzuki_gixxer rear side

Spesifikasi Teknis Gixxer :

Mesin: 150 cc , 4 stroke, berpendingin udara , SOHC
Sistem bahan bakar : Karburator
Sistem Starter : kick starter & elektrik
Suspensi Depan : Telescopic
Suspensi Belakang : Monoshock
Rem Depan : Disc
Rem Belakang : Drum
Depan Ban : 100 / 80-17
Rear Tyre : 140 / 60-17

Pengamat motor India sendiri mengharapkan upgrade berupa rem belakang cakram, konsol speedo yang lebih praktis, air schoop dipermanis dan harga jangan sengeri Inazuma yang dianggap overprice.

Sumber : Bike Advice

Semoga bermanfaat

wassalamualaikum