Mengenal Beberapa Tehnologi Di Mesin Suzuki Gixxer250SF

suzuki

Hari ini, suzuki meluncurkan motor kelas 250 cc terbaru di Tokyo Jepang. Untuk motornya sendiri, sepertinya kurang ” masuk ” dengan selera disini. Namun menarik untuk melihat tehnologi yang ada di motor suzuki Gixxer 250SF.

Kurang menarik selera di marih, karena motor sport ( tepatnya sport touring cirikhas kode huruf F di suzuki ). Bayangkan saja, mesin 250 cc, monokotil, eh mono silinder, SOHC untuk motor full fairing. Tentu dianggap hal aneh bagi publik motor yang belum awam akan derivasi atau segmentasi sebuah motor.

Sepertinya sasaran utama motor suzuki gixxer 250SF adalah India. Karena erat kaitannya antara tehnologi yang tertanam di motor ini, khususnya sektor mesin dengan demand motor di India sana. Motor dengan performa mumpuni, namun syarat utamanya harus irit. Motor harus punya efisiensi tinggi, namun performa tidak ketinggalan, plus perawatan lebih mudah. Jangan bayangkan di India BBM semurah di sini, atau keberadaan dealer sebanyak di sini. Ada cerita di India sono, mau ke diler saja harus menempuh jarak lebih dari 100 km. Dan kemampuan tehnisinya, maaf… Indonesia itu dimanja sekali.

Ya… Tehnologi yang ditanamkan di mesin suzuki Gixxer 250SF memang bertujuan seperti keinginan biker India diatas: irit, kencang, perawatan mudah. Nonsense dengan suara merdu twin silinder, atau teriakan rpm atas ala dohc overbore. Beberapa tehnologi tersebut adalah :

SOCS ( Suzuki oil cooling sistem )

Pada intinya untuk mendinginkan mesin ( area silinder head ) dengan menggunakan oli mesin. Di versi terbaru ini, oil cooling sistem disempurnakan sehingga daya pendinginnya lebih bagus dari versi sebelumnya.

Light, Compact, Low friction Engine

Disini melibatkan beberapa tehnologi juga seperti Cooper grip treatment cylinder, Printed surface treatment piston, retainer di rocker arm. Semua bertujuan agar mesin lebih low friction, kerja ringan, transfer panas lebih baik, sehingga mendapatkan mesin yang efisien.

Dengan semua pendekatan tersebut, diklaim mesin suzuki gixxer 250F mempunyai torsi dan power merata di semua rentang rpm. Dan performanya tak kalah dengan mesin DOHC.

Untuk lebih detail soal pembahasan tehnologi-tehnologi tersebut, kita bahas lain waktu, satu per satu.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

 

gulf oil

1 Trackback / Pingback

  1. Mengenal Tehnologi Cooper Grip Treatment Silindernya Suzuki, Lebih Dari Spiny Sleeve - 78deka.com

Leave a Reply