Mengais Info Yang Berserakan…Antara R125, R150, Dan Konklusi Deka

yamaha r125
suzuki

Yola dulur…. saat berkunjung ke warung-warung sedulur blogger ada beberapa info yang berserakan tentang motor sport yamaha. Kenapa berserakan, karena info ini baru sebatas rumor, belum ada bukti shahih seperti statemen resmi, printilan gambar, maupun spyshot. Rumor ini menyangkut tentang dua buah motor kaka beradik milik Yamaha, R125 dan R15.

yamaha r125
yamaha r125

Dari bro Faizz pengasuh  blog proleevo, deka mendapatkan rumor bahwa YIMM aka Yamaha Indonesia akan memproduksi motor sport 125 cc mereka, r125. Sedangkan kita ketahui bersama bahwa motor ini pangsa pasarnya adalaeh Eropa dan Amerika, dimana diposisikan sebagai motor learner atau buat pemilik sim pemula. Motor ini memang termasuk menggiurkan, walaupun dengan kubikasi 125 cc namun outputnya mencapai 15 dk, suspensi upside down, banana arm, dan tehnologi lainnya. Nggak heran jika harganya jauh melampaui yang berkubikasi 150 cc. Secara desain juga lebih ciamik ( subyektif ya…) dibandingkan sang kakak.

Namun masalahnya apakah Pasar dimarih siap dengan R125? bukan kenapa, karena kelas 125cc sport apalagi fairing di anggap sebelah mata. Kubikasi is everythink, bigger better…kalau ada 150 kenapa ambil 125? begitulah opini yang terbentuk dipublik permotoran dimarih (cek artikel ini). Apakah pihak Yamaha mau berjudi lagi mempertaruhkan modal mereka untuk membuka pasar 125 cc yang dulu hanya dihuni oleh Suzuki Thunder125, walaupun motor naked? keknya tipis…Atau hanya memproduksi saja untuk kemudian dieksport ke manca? bisa jadi……tapi udah bikin kenapa nggak sekalian menjualnya? pertanyaannya seperti itu.

(red r15)
(red r15)

Info yang kedua deka peroleh dari warungnya bro mario balotelli devan, santer dibicarakan bahwa Yamaha sudah menyiapkan facelift dari Yamaha R15 ini, kabar yang mencolok adalah next Yamaha R15 akan menggunakan desain Yamaha R125. Di artikel itu menerangkan bahwa basis desain facelift r15 adalah desain sang adik R125, namun tidak 100% sama…. hanya sebagai acuan dasar saja.

Kalau pakai ilmu gathuk-mathuk ala deka, info dari bro Madev ini masuk akal karena serangan opini dari pihak sebelah yang mengatakan desain R15 sekarang kurang proporsional…. njeber kek ikan lele dumbo 😀 . Hmmmm ada benernya juga kalau kurang proporsional antara ukuran tangki dengan besarnya head motor. Apalagi dengan serangan baru klan CBR dengan CBR150R new mereka, ini membuat YIMM waspada dan mengatasi rumor negatif tentang R15 ini, yaitu desain bodi. Dan selama ini image desain keren motor sport yamaha ada di r125, minimal itu opini yang terbentuk dimarih, jadi why not Yamaha memakai desain r125 sebagai acuan nantinya.

Rumor ini kemungkinan benar karena diperkuat oleh artikel bro proleevo yang mendapatkan sumber dari orang yamaha tentang r125 ini, meskipun nantinya bukan kubikasi 125, namun R150 yang berbaju mirip r125 tahun depan. Yah…. minimal sentuha di bodi dulu lah….. lha mesin gimana? Mau r15 pakai mesin DOHC???? silahkan mimpi panjang dulu bro 😀 😀   ………… Untuk kebenaran akan rumor R15 berbaju r125 ini, mari kita tunggu tahun depan bro….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum