Membedah Kehebohan Kabel Setan… Berpengaruhkah?

suzuki

Yola dulur yang budiman…. beberapa waktu ini, dunia republik biker sedang heboh dengan ” Kabel Setan “. Sebuah kabel berukuran sejengkal tangan yang dipasang PNP di hampir semua motor, khususnya di jalur setelah koil dang disambungkan dengan kabel output ke arah busi. Pro kontra terjadi, ada yang bilang ngefek, ada juga yang tertawa mencibir. Berpengaruhkan pemasangan kabel setan ke performa motor?

Ngadimin sendiri diam-diam juga sudah memasang kabel setan di suzuki gsxr150. Pada dasarnya bukan karena ingin perfoma motor ngazenk tinggi, namun rasa penasaran dan untuk me-laris-i dagangan temen untuk mempererat persahabatan saja. Setelah diinstal secara mudah, kesan pertama, suara langsam langsung lebih adem, terdengar sekali saat awal-awal mesin dinyalakan setelah pemasangan, seperti suara rpm mesin turun.

Bagaimana dengan pengaruh performa mesin? jujur saja ngadimin tidak tahu… Lha kok? Maklum si gipsy danger racun yang terpasang sudah banyak banget, dari knalpot free flow, batang ferrit di dekat chop busi, filter udara racing, bensin + spark, oli sesat, water injection…. itu yang berhubungan dengan mesin. Makanya seberapa besar pengaruh kabel setan, ngadimin tidak tahu. Tapi jika ditanya ” Feel ” ngadimin jujur akan bilang ada efeknya. Apa efeknya? Getaran di stang menjadi lebih halus, tarikan mesin dan suara mesin lebih padat, terasa smooth.

Bagaimana efek performa secara ilmiah dengan uji dyno? saat ngobrol dengan sellernya, ngadimin dibocorin, dia menguji di motor suzuki address sebelum dan setelah memakai kabel setan, ternyata menaikkan power sebesar 0,1 dk saja.  Sedangkan testimoni dari motor lain ternyata kenaikannya tidak sama tergantung kondisi dan jenis motor, namun rata-rata dibawah 1 dk.

Seperti ada member sebuah group yang mencoba memasang kabel tinned copper di dua motor miliknya, yaitu vario 125 dan verza 150 ( kita anggap saja kabel setan berbahan sama ) ternyata berpengaruh ke ke naikan performa. Setelah diuji dyno ternyata mempunyai efek ke kenaikan performa mesin.

Dan ternyata hasil tes dyno sebelum dan sesudah pemasangan kabel setan di koil, terjadi perbedaan angka, dimana di motor vario terjadi kenaikan power 0,5 dk, dan di verza sebesar 0,2 dk. Jadi pengaruhnya berbeda-beda di setiap motor.

Bagaimana cara kerja kabel setan tersebut? Ngadimin sendiri juga ndak tahu, alias gagal paham. Sampai ada rekan melalui medsos memberikan keterangan cara kerja kabel tinned copper.

Rahmat Yaya’ : Kabel tinned copper itu nampaknya kabel dengan bahan tembaga yang disepuh bahan logam lain.

saya sih curiganya itu logam Si-Al-O (keramik) atau Si-Al (kayak bikin diasil alusil).
atau formasi lain yang ikatan atomnya membentuk piramida.

artinya jika logam itu secara kristal, molekul, atau kimia membentuk bangun piramida.

maka dia punya efek seperti ferrite. membuat lecutan listrik menjadi tipis/kurus/fokus.
itu buat pengayaan rpm tinggi atau topspeed. peak power bergeser ke rpm tinggi. Iya dia sedikit mengurangi delay, artinya mempertinggi frekuensi arus listrik.

Nah… disini sudah mulai sedikit paham, dengan mendelay pengapian busi, otomatis  ledakan campuran bbm saat posisi piston sangat-sangat mendekati TMA, busi baru membakar campuran bbm sehingga daya ledak lebih maksimal. Pantas saja rasanya seperti kompresi mesin lebih padat dan mesin lebih smooth karena pengapian maksimal…. itu saja. Untuk soal rpm lebih tinggi belum pernah dicoba, ngeri euy GSXR150.

Yang salah itu jika anda terlalu “high hope, high expectation ” dengan sebuah kabel sejengkal mengharapkan kenaikan performa berkuda-kuda. Kalau bisa seperti itu, pecatin saja tuh insinyur pabrikan motor, tinggal pakai mesin megapro, kasih kabel setan sepanjang 1 km, digulung-gulung mengitari motor, jadi tuh megapro ngasapin ninja 250. Ndak perlu insinyur buat experimen mesin, tinggal pasang kabel setan sepanjang mungkin, performa njengatz berkuda-kuda.

So…. tidak usah mencibir apalagi menghina plus mencap pembohong pedagang kabel setan. Jika dulur pelit ngeluarin uang 100 ribu buat nebus kabel setan, silahkan beli kabel Tinned copper  di toko elektronik, pasang di kabel output koil arah busi. Kemudian rasakan ada perbedaan atau nggak….. itu saja…. nggak lebih dari 15 ribu rupiah kok harga kabelnya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum