Membaca Patent Suzuki GSXR250 : High Perform Ram Air Intake

suzuki

Yola dulur yang budiman…. setelah beredar gambar patent suzuki GSXR250 dan atau 300, nampak jelas sebagian fitur yang akan disematkan. Kita kali ini tidak akan membahas soal usd, linkage suspension, namun soal performa mesin si motor yang kelasnya sedang booming di eropa, kelas 300 cc. Jika anda jeli membaca patent tersebut, suzuki akan memakai ram air intake untuk high perform engine.

Banyak publik yang mengharapkan muntahan mesin si gixxer middle weight ini minimal 40 dk. Angin rumor pun mengatakan seperti itu, 40 dk adalah target power yang akan dicapai. Dari gambar patent menunjukkan hal tersebut, elektronik akan advance dan petunjuk atau clue mengarah ke situ. nampak dari posisi unik Box filter, dan dari posisinya, mengacu ke kerja ram air intake.

Box filter suzuki GSXR250 berposisi agak unik, yaitu di bawah tangki bensin bagian depan, sehingga tangki bensin lebih lebar dan dalam di bagian belakang, sedangkan depan dipakai untuk box filter. Sedangkan moncong inlet berada di bawah dan mengarah ke depan.

Dari posisi box udara dan arah inlet tersebut, menunjukkan bahwa itu mendukung kinerja air ram intake. Otomatis, mocong bagian muka gsxr250/300 cc tersebut sebagai air tunnel, bukan sebagai headlamp. Bisa jadi posisi headlamp akan diatas tunnel ram air intake. Dan dari posisi airbox tersebut, maka intake manifold akan berdesain ” Downdraft  intake“. ( gambar dibawah ). Jadi Tangki BBM akan berbentuk engsel, bisa diangkat…..

 

Ram air intake memang berperan besar untuk memberikan asupan udara lebih kencang di rpm tinggi, atau menyasar power besar di topspeed. Dengan ram air intake, selain udara disedot melalui mekanisme vakuum engine juga terdorong lebih kencang saat motor melajut. Seperti ” menyerok udara ” menggunakan tunnel depan saat motor melaju.

Semoga saja tidak meleset, karena insinyur suzuki biasanya embuat motor pure, fokus di satu tujuan, jika style racing, maka kental sekali satu paket racingnya, tidak wanna be atau mengakomodir beberapa kebutuhan. Jadi akan seperti GSXR150, sport pure…. jika mengeluh akomodasi boncenger, suzuki akan menyusul membuat sport touring, seri GSF…. jika klan Gixxer, maka hanya ada kata maaf untuk boncenger…. Gixxer itu speed, bukan motor ojeg.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum