Melongok Peluang Kelas Metik 125 Suzuki….Banyak Amunisi

suzuki

Yola dulur yang budiman…. bagi penggemar motor suzuki, untuk saat ini suzuki belum punya motor jenis metik dengan kubikasi 125 cc. Terakhir diisi oleh suzuki hayate yang kurang berhasil dalam penetrasi pasar. Jadi kelas motor metik high entry level, 125 cc suzuki masih kosong. Kelas ini sekarang hanya berisi oleh vario 125, dan menyusul yamaha lexi 125. Padahal suzuki punya beberapa amunisi.

Kalau boleh mengkritik, menurut ngadimin, kegagalan suzuki hayate adalah soal dek njendul. Sebagai penerus suzuki skywave, hayate memang mewarisi dek njendul itu. Buat penghobi, termasuk ngadimin, dek njendul seperti itu justru memberikan keunggulan dalam hal stabilitas saat motor dipacu kencang. Motor terasa stabil…anteng.

Namun selera pasar kelas high entry level 125 cc, masih membutuhkan metik yang serba guna. Salah satunya membawa barang. Memang sudah disediakan bagasi luas. Tapi publik ingin yang lebih simple, nyantolin atau meletakkan begitu saja di dek tengah….. Ngadimin yakin sebagian besar pengguna metik melakukan kebiasaan tersebut….tinggal blegh….tanpa membuka tutup jok…udah…ngaku aja….. 😛 .

Sebenarnya, suzuki sendiri punya beberapa metik kelas 125 cc, seperti burgman125, access125, suzuki swish125, suzuki impulse125 sebagai penerus skywave, suzuki sixteen 125 dan lain sebagainya.

Dari beberapa opsi tersebut diatas, ngadimin sebenarnya punya masukan ke pihak suzuki, yaitu soal suzuki address yang dibuat menjadi 125 cc sebagai varian yang ada yaitu address110. Namun melihat suzuki address110 adalah metik global, sepertinya agak susah menggoyah keteguhan suzuki jepang untuk pengadaan address125… Alasannya cukup jelas…di eropa address adalah metik entry level serbaguna dimana kubikasi yang pas adalah 110cc. Cukup berat untuk mengadakan address125 tapi pasarnya hanya regional Indonesia saja, sedangkan address adalah merk global.

Untuk opsi beberapa metik 125 cc diatas sebenarnya juga hanya beberapa saja yang menarik untuk dipasarkan di Indonesia…soal desain adalah faktornya. Metik-metik suzuki 125 cc diatas adalah produk regional, dimana desain menyesuaikan selera region tersebut. Seperti impulse yang menarik di pasar daerah vietnam, thailand, filipina…mereka masih sangat menerima metik dek njendul. Begitu pula dengan sixteen, access,yang desainnya cukup di terima di India.

Mungkin access bisa dipertimbangkan masuk Indonesia, namun di kelas metik retro seperti scoopy atau fino. Padahal lebih baik langsung menyasar pasar yang lebih lebar, metik 125cc high entry level. Jadi menurut ngadimin, lebih baik suzuki mengadakan swish125 cc dahulu daripada access.

Ya…suzuki swish125 lebih punya peluang untuk diterima pasar karena desainnya lebih awam. Metik dek rata, 125 cc, memberikan ruang yang lega di pijakan kaki, desain kokoh dengan dual suspensi belakang, lampu full Led, ban ring 13 yang sedang ngetrend. Mungkin harus ada revisi bagian bodi samping belakang agar nampak langsing seperti bodi suzuki sixteen di bawah ini. Sedangkan desain buritan dengan lampu led nya, swish sudah nampak keren modern.

Suzuki sixteen125

Untuk penamaan mungkin suzuki perlu mempertimbangkan nama yang familier. Jika nama suzuki Spin dianggap kurang menarik, mungkin tetap memakai nama Swish saja, biar kelihatan metik global.

Suzuki address 110 memang sangat menggiurkan bagi ngadimin. Namun address bukanlah jenjang penerus suzuki nex sebagai metik entry level. Address berdiri sendiri sebagai metik global pasar eropa, dimana kita sebagai tempat produksi ikut kecipratan merasakannya. Jenjang berikutnya dari nex adalah metik 125 cc dek rata….dulu punya suzuki spin, namun sekarang, swish yang didesain ulang adalah peluang yang cukup logis.

Namun semua tergantung strategi SIS dalam jualan mereka. Yang jelas, aslinya palugada… apa lu mau gue ada, tinggal moment dan timing yang tepat saja sebenarnya… itu kata “tukang pel pabrik suzuki” lho ya…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

5 Komentar

  1. Market share ayaogo nya skrng semakin meresot di angka 1000an unit/bln.. Mending reborn aja shugunSP. shogun150SP… Basic engine sasis satria bisa tuh… Peluang nya 3000-4000/bln bisa lah

  2. iya bener,, pantat Swish 125 montok bener kek Burgman family,, orang sini gak demen dah, perlu dipoles dikit biar agak tipis,,,,, anyway nama produk Suzuki kan dari dulu pasti berawalan huruf S

  3. Setuju banget kalo suzuki mencoba menghadirkan matic 125cc.
    Kalo boleh urun rembuk
    1. Buritan bolehlah pakai sixteen 125
    2. Mesin pakai saja punya sixteen, kalau tidak salah sudah pakai radiator.

    La cmn desain saja panel depan, lampu taruh di bodi. Bisa comot lampu dari moge Suzuki.

    #nyalakannyali

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*