Medsos Warrior Juga Ngga Kalah Strategis Untuk Marketing

suzuki

Yola dulur yang budiman….mengamati dunia media sosial dari twitter, Instagram, dan paling terkenal, facebook, sekarang ini begitu strategis untuk sarana marketing. Tentu yang ngadimin bahas adalah dunia motor. Jika pabrikan jeli, justru di media sosial inilah pergumulan hebat trik marketing terjadi.

Marketing di dunia facebook atau medsos lainnya, jika kita amati tidaklah nampak riil, vulgar seperti jual motor ini harga sekian. Marketing di facebook itu sifatnya membentuk opini sehingga mindset terbentuk secara massive sehingga memberikan pengaruh terhadap pengguna medsos untuk membeli motor tertentu.

Apa yang beredar di medsos menjadi sebuah kumpulan anchoring atau penanaman keyakinan kuat. Isyu-isyu yang ditangkap dari sebuah produk motor akan tertanam di otak, kemudian diputuskan percaya dengan motor tersebut untuk dibeli. Yakin dulu dengan plus minus motor tersebut, terpengaruh dengan opini-opini yang dishare, sehingga mempengaruhinya untuk memutuskan motor tersebut menjadi pilihannya.

Karena sifatnya yang massal dan massive, makanya isyu-isyu negatif untuk menjatuhkan sebuah produk juga efektif disebar melalui medsos. Di medsoslah perang opini sangat ramai, Jika tidak pandai mengolah isyu, dan isyu negatif yang dominan, siap-siap produk motornya terkena efek…tidak dipercaya oleh publik yang termakan isyu negatif. Karena bersifat semu, maka sebuah kasus menjadi sangat abu-abu kebenarannya…disinilah yang dimanfaatkan utk medsos war….

Pelaku sebuah grup, atau relawan dumay karena ngefans, loyalis, atau bahkan berbayarpun, perlu kejelian dalam mengolah sebuah isyu. Keberadaan mereka sangat krusial dalam memilah, memilih dan menyaring sebuah kebenaran isyu. Bagaimana cara membedakan isyu negatif tersebut riil atau rekaan, bagaimana mengolah isyu negatif menjadi positif, atau bagaimana isyu positif menjadi anchoring bagi publik…… Peran mereka sangat krusial.

Namun sayangnya, medsos warrior ini tidak bisa dipantau secara langsung. Iya jika akun nyata kek akun FBnya ngadimin…bagaimana jika akunnya klonengan? Lagipula medsos warrior tidak bisa didetek pengaruhnya melalui angka-angka impressi, tingkatan google rank, atau sekedar alexa rank yang gampang ditingkatkan dengan pasang aplikasi berbayar. Perjuangan medsos warrior begitu komplex, semu, tapi punya efek yang massive dan kuat.

Kadang ngadimin salut luar biasa sama medsos warrior, hanya berbekal kecintaan, mereka rela meluangkan waktu, pikiran, serta dana kuota untuk memanage isyu yang bertebaran di medsos.

Statistik, fakta data mungkin penting…tapi ingat, di Indonesia kadang omongan dukun yang tanpa data fakta atau angka statistik jauh lebih bisa berpengaruh. Apa kata publik kebanyakan lebih dipercaya daripada data lab seorang ilmuwan, bahkan profesor.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*