Masih Perlukah Manasin Motor Injeksi Di Pagi Hari ?

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Ide artikel ini bermula dari obrolan dengan rekan deka yang menurut deka pribadi, awam dengan motor. Doi bersikeras bahwa motor sekarang sudah tidak perlu dipanasin mesinnnya di pagi hari karena motor sekarang sudah menganut sistem injeksi. Benarkah opini seperti itu?

thermostat05Yups…. kebiasaan manasin motor di waktu pagi atau setelah motor istirahat lama, jamak dilakukan di jaman dahulu. hal ini karena motor jaman dahulu masih menggunakan asupan bbm jenis karburator….. model skep lagi. Yang namanya sistem karburator, apalagi yang skep, asupan bbm ke dalam combustion chamber atau ruang bakar murni di atur oleh tangan kita. Sehingga jika suhu ruang bakar belum optimal dipaksa nenggak ¬†campuran bbm+udara yang banyak, maka efeknya terjadi pembakaran tidk sempurna…. knalpot nembak tandanya. hal itulah yang menjadi acuan kalau pagi hari motor perlu dipanasin lebih dahulu.

Setelah sistem karburator dirubah menjadi injeksi, maka asupan bbm ke ruang bakar sudah diatur oleh ecu. So… walaupun tangan kita membetot gas dengan keras, asupan bbm+udara tetap diatur oleh ecu agar tetap ideal. Jika suhu ruang bakar belum optimal, paling mesin enggan naik rpm, atau lambat naiknya, nggak terjadi lagi pembakaran tidak sempurna. Dari acuan itulah sebagian publik, termasuk rekan deka tersebut ¬†berpendapat bahwa motor injeksi sudah tidak perly pemanasan mesin di pagi hari.

Apalagi dengan opini sebagian publik pendukung green earth bahwa manasin mesin motor dan mobil di pagi hari itu hanya buang-buang bbm dan menambah polusi. makin diyakini dan berkembanglah opini motor sekarang tidak perlu pemanasan mesin di pagi hari.

gulf oil

Well…. kalau dari sudut pandang tersebut, kubu yang pro dan yang tidak sama-sama benar. motor karbu perlu dipanasin, motor injeksi tidak perlu. Namun harap di ketahui, sistem kerja mesin motor bukan melulu soal asupan bbm+oksigen. Ada yang namanya keberadaan dan sirkulasi oli. Oli bersirkulasi di dalam mesin untuk melumasi part-part mesin agar bisa bergerak lancar dan mengurangi gesekan antar part. Bisa dibayangkan jika sebuah mesin tanpa oli, bisa jebol langsung.

Kita tahu bahwa mesin punya bak penampungan oli kan? Nah… posisi bak penampungan oli dimana? jelas di posisi bawah mesin. Jika mesin berhenti lama, otomatis oli yang tersirkulasi di mesin akan turun ke bak penampungan karena gaya gravitasi. Makin lama mesin motor tidak bekerja, makin banyak oli yang kembali ke bak pempungan. Oli mesin akan bekerja maksimal jika sudah tersirkulasi sempurna di mesin.

sistempelumasan1

Jika mesin langsung diajak bekerja keras setelah sekian lama tidak beroperasi, maka sirkulasi oli belum maksimal, otomatis sebagian part belum terlumasi sempurna. Jika ini dilakukan berulang, maka keausan part tersebut bisa lebih cepat. Makanya jangan langsung pancal motor setelah lama mati.

Itulah acuan menurut deka, kalau motor setiap pagi perlu dipanasin, walaupun sudah injeksi. Nggak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit. Acuannya cukup simple di motor maupun mobil, jika raungan mesin masih tinggi karena autochoke atau sistem iddle otomatis injeksi bekerja, maka biarkan iddle dulu. Setelah rpm iddle normal, baru lajukan motor anda. Selain menunggu sirkulasi oli optimal, toh mesin bekerja maksimal saat suhu ruang pembakarannya ideal. Nggak ada salahnya menunggu 1-2 menit biar mesin motor lebih awet.

Semoga bermanfaat

wassalamualaikum