Marquez Melebar Dianggap Apes? Ketemu Ryosuke Takahashi RedSuns Bisa Dimaki Habis

suzuki

Yola dulur…. opini enteng-entengan tentang kejadian melebarnya Marquez di Losail minggu yang lalu. Para pendukungnya banyak yang menganggap kejadian tersebut sebagai sebuah keapesan.

losail 2015
losail 2015

Apakah betul itu sebuah keapesan? Apakah kejadian itu bisa dibilang keapesan di dunia balap? Mari kita bahas dengan alur cerita ala Initial-D, karena di film tersebut ada sebuah scene yang hampir sama, kalau diambil hikmahnya. Sebenarnya ini hal yang sepele, namun jika diterapkan di kehidupan nyata, Insya Allah akan membuat pandangan hidup lebih positif.Di lap pertama seri Losail kemarin, Marquez melebar di sebuah tikungan bahkan sampai keluar dari track dan menyebabkan doi ikut gerombolan paling belakang. Padahal saat start, doi di grid 1, start ke 3, dengan kejadian tersebut membuat MM kesusahan untuk memperebutkan podium. MM tidak menjadi contender podium di seri tersebut.

Pendukung MM mengatakan hal tersebut sebagai sebuah keapesan. Well… memang paling mudah itu menunjuk faktor luar sebagai biang keapesan, bisa saja menyalahkan Bradley Smith yang mengerem mendadak. Namun mari kita belajar dari film Initial-D, dimana kejadian yang berbeda namun punya makna yang sama.

Saat Keisuke Takahashi, adik Ryosuke Takahashi dari tim Redsuns melakukan simulasi balapan sebagai pengenalan trek menggunakan mobil FD3S ( RX-7 efini ), ternyata pihak lawan berbuat curang. Di sebuah tikungan blindspot, mereka menumpahkan oli di aspal agar Keisuke dan Takumi tergelincir dan mobilnya rusak sehingga gagal balapan dan kalah WO.

gulf oil
redsuns takahashi brother
redsuns takahashi brother

Benar juga, Keisuke tergelincir dan mobilnya mengalami kerusakan fatal, sistem pendingin dan suspensi depan rusak parah. Keisuke memaki-maki habis kecurangan pihak lawan, dan mengeluh ke kakaknya, Ryosuke. Bukannya mendapatkan empati, namun dampratan dari mulut sang kakak. ” Jangan pernah menyalahkan kecurangan orang lain. Menumpahkan oli memang hal yang curang, namun dengan skill-mu sekarang harusnya kamu bisa menghindari akibat fatal ini. Andaikata aku yang mengalaminya, aku bisa menghindari genangan oli tersebut. Jika kerusakan mobilmu sekarang membuat kita nggak bisa balapan esok, maka kita akan kalah, dan jangan menyalahkan oli tumpah itu sebagai biang keroknya.”

Ya…. Scene film itu bisa menggambarkan kalau kejadian minggu lalu di Losail sebenarnya bisa dihindari jika MM tidak melakukan kesalahan fatal… Buruk saat start. Doi ada di grid terdepan, namun melorot di gerombolan tengah saat lampu hijau menyala. Semua pembalap paham, kalau start di rombongan tengah itu resikonya sangat besar, senggolan dan kontak dengan rider lain lebih beresiko. Hal ini bisa dihindari jika MM melakukan start dengan baik.

Apa gunanya dalam kehidupan nyata kita? Memang mudah menyalahkan faktor luar sebagai kesalahan saat kita gagal mencapai apa yang kita inginkan. Entah gagal proyek, bisnis nggak sesuai harapan, hubungan percintaan yang kandas, de el el. Mudah sekali menyalahkan kesalahan orang, kondisi, situasi, dan disebut keapesan. Namun hal tersebut tidak menolong merubah keadaan yang terjadi. Sudut pandang ala Ryosuke Takahashi tersebut lebih relevan dan bermanfaat untuk membuat pribadi yang kuat dan meningkatkan kesadaran diri….

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum