Maling Gagal Bobol Keyless… GSX-R150 Diobrak-Abrik

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Segagal-gagalnya maling motor, tetap saja bikin “nggapleki”, dari ngerusak rumah kontak, bikin lecet bodi, sampai bikin perasaan ngga tenang. Dan makin kesini, maling makin canggih saja pola kerjanya. Maling motor menjadi momok yang menakutkan bagi keselamatan motor kita. Ini ada kasus maling gagal namun hasil kegagalan bobol sistem keyless gsxr150 bikin nyesek yang punya, motornya diobrak-abrik.

Seperti statment suzuki, bahwa gsxr150 dilengkapi dengan kunci kontak sistem keyless adalah demi keamanan motor yang lebih ketat. Bukan hanya menawarkan gengsi, gimmick jualan, tapi benar-benar ada manfaatnya. Silahkan saja mencibir, boleh saja keyless bikin ribet dan was-was (karena hal baru ), namun pada kasus ini bermanfaat walau tetap apes juga.

Dapat kiriman WA dari rekan, doi bercerita bahwa motor suzuki gsx-r150 nya dalam keadaan amburadul, bagian kunci kontak diobrak-abrik, kabelnya berantakan, tanda motor mau dijumper, lubang kunci keyless juga ada tanda bekas congkelan. Sepertinya malingnya mau memaksa kunci keylessny secara paksa, namun gagal.

Kemudian punya ide untuk menjumper atau menyambung langsung kabel stater agar kelistrikan menyala.  Namun sistem keyless gsx-r150 bukan hanya melindungi kelistrikan. Jika tanpa adanya remote, maka hanya sektor listrik saja yang menyala, namun engine tidak akan menyala.

Tidak kurang akal, maling yang sepertinya sedikit paham dengan gsx-r150 ini mencoba membongkar bagian jok belakang dengan menyayat-nyayat jok belakang. Bagian port ECU yang diincar, namun sepertinya urung dilakukan. Hasilnya jok belakang dedel duel  ngga karuan…. saking jengkelnya, lampu depan juga dipecahin…Duh…. dek….. apes bener….

Tapi seapes-apesnya motor diobrak-abrik, masih nyesek jika motor digondol maling, leungit, bablas mlebu alas . Masih mendinganlah daripada hilang…. bagaimanapun kehati-hatian perlu. Kalok perlu pasang gembok walau sudah memakai sistem keyless, karena menurut teman yang mantan maling motor, mereka enggan jika motor ada gemboknya…. kerjanya lebih lama. Lebih suka motor tanpa gembok, cukup kunci T atau jumper, motor bisa dibawa kabur….. kecuali GSX-R150 yang sudah sistem keyless….. minimal untuk saat sekarang.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil