Makna 100 Juta Penjualan Honda Super Cubs

suzuki

Yola dulur yang budiman….membaca artikel luar negeri yang memberitakan bahwa honda telah berhasil menjual motor supercubs sebanyak 100.000.000 unit, ngadimin memaknai sebagai sebuah hasil yang luar biasa, dimana pabrikan lain tak bisa melakukannya. Tak heran, super cubs adalah produk iconik dari honda, bukan civic, bukan pesawat jet, bukan cbr…just super cubs.

Sejak kelahirannya di tahun 1958, super cubs dengan berbagai macam seri, dari kubikasi 50, 70, 90, 100 cc, dari single seater, boncengan, telah menjadi lebih dari sebuah trend kendaraan motor. Tapi sebuah kebutuhan dari motor kecil, fungsionalitas praktis, dan murah. Kunci capaian 100 juta unit super cubs adalah diterimanya moped kecil ini di semua belahan dunia, termasuk amerika. Dengan tagline fenomenal di tahun 80an : You Meet The Nicest People On a Honda.

Hanya super cubs lah motor honda yang bisa anda temui di hampir semua negara di kolong bumi, bukan beat, bukan cbr. Super cubs adalah  tonggak utama kedigdayaan honda sebagai Rahwana otomotif dunia. Dengan super cubs honda mendobrak hegemoni otomotif dunia yang dikangkangi oleh eropa dan amerika kala itu.

Padahal, sejarah terciptanya super cubs adalah ketidaksengajaan Soichiro honda saat menonton balapan Isle Of man. Ceritanya soichiro kala itu berambisi memenangkan honda di ajang IOM. Dia menonton langsung, berangkat dari jepang ditemani oleh sohibnya, Takeo Fujisawa. Temannya ini sejatinya cenderung ke bisnis oriented, bukan maniak balap, sehingga kurang perhatian dengan jalannya balapan. Untuk menghilangkan rasa jengahnya, mereka mengadakan turing ke negara jerman, daerah Kriedle, pabrik skuter lambretta.

gulf oil

Di situlah Fujisawa menemukan ide sebuah motor, bukan motor powerfull, kencang, mewah. Tapi motor kecil, murah, mudah dikendarai, reliable, dengan ban yang mampu melewati jalan non aspal.Fujisawa berkata ke soichiro, jika bisa membuat motor seperti itu, motor 50 cc dengan cover yang menutupi mesin, selang dan kabel, aku akan mampu menjualnya, entah akan terjual berapa, tapi lihatlah…ada berapa warung soba di jepang? Semua akan membeli untuk kendaraan operasional mereka, kata fujisawa.

“If you can design a small motorcycle, say 50cc with a cover to hide the engine and hoses and wires inside, I can sell it. I don’t know how many soba noodle shops there are in Japan, but I bet you that every shop will want one for deliveries.”

Setelah itupun, soichiro secara total memberikan investasi gila-gilaan dengan membuat pabrik super besar hanya untuk memproduksi super cubs. Tanda bahwa soichiro yakin dengan proyek fujisawa akan sukses. Dan terbukti, super cubs menjadi produk ikonik honda sampai sekarang.

Falsafah super cubs sendiri masih terasa di produk honda sampai sekarang. Tidak perlu motor super untuk sukses, yang penting apa yang dibutuhkan oleh publik, konsisten dalam mempertahankan image dan “trah” motor, maka brand image akan terkerek sendirinya. Sebuah “seri” motor yang tetap konsisten akan membukukan jumlah kuantitas yang besar setelah satu dekade.

Dan rumornya, new honda super cubs neo klasik, supercubs dengan mesin injeksi, panel kekinian akan diproduksi kembali dan akan dijual di Indonesia…..super cubs reborn…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum