Manfaat Semangkuk Burjo Ketan Hitam Buat biker

suzuki

Yola dulur…. kalau sebelumnya deka menceritakan bahwa kalau sedang melakukan turing atau long riding, deka selalu ditemni oleh cemilan made in sendiri yaitu Martabak Mie.

bubur kacang hijau ketan hitam
bubur kacang hijau ketan hitam

kesan-jupiter-mx-untuk-long-riding-cirebon-bogor-283-km

ada juga makanan favorit lainnya. Yaitu burjo atau bubur kacang hijau, dan lebih suka lagi yang plus ketan hitam. Sayangnya makanan ini terlalu ribet untuk dibuat. Satu satunya jalan ya mampir di warung burjo 😀 .

Salah satu contoh saat deka melakukan long riding Bogor-Sukabumi-Bandung-Majalengka-Cirebon. Dari Sukabumi berangkat setelah shalat isya. Dan singkatnya sampai Majalengka jam 12 malam, tepatnya pas bunderan perempatan arah cirebon dan cikijing deka melihat warung mie dan burjo buka 24 jam. Langsung saja deka mampir untuk bahan bakar organik buat rider 😀 < bubur kacang hijau, bubur yang awalnya berasal dari India.

Kenapa deka menjadikan burjo sebagai makanan favorit saat long riding? Karena burjo walaupun sebagian orang meremehkan sebagai makanan murahan nggak elit, namun kandungan gizi di burjo ketan hitam sangat ideal untuk mengembalikan stamina tubuh. Nggak percaya? Yuk kita bahas kandungan gizi dalam semangkuk burjo.

kacang hijau
kacang hijau

Bahan utama burjo adalah kacang hijau itu sendiri, yang mengandung zat gizi sebagai berikut

  • Kaya Serat
    Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.
  •  Omega-3
    Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
  • Kaya Vitamin & Mineral
    Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.
  • Kaya akan mineral. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium (266 mg), phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).
ketan hitam
ketan hitam

Selain kacang hijau, burjo yang lengkap pasti akan ditambahi dengan ketan hitam dan santan. Kedua bahan makanan tersebut utamanya adalah sebagai sumber energi atau karbohidrat dan lemak. Keuntungan yang paling terasa dari ketan hitam adalah termasuk karbohidrat kompleks yang sangat lambat dicerna. Otomatis dya cernanya di lambung akan lambat. Hal ini akan berefek rasa kenyang yang awet. Berikut kandungan gizi dari ketan hitam

Beras Ketan Hitam yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Beras Ketan Hitam yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Beras Ketan Hitam = 356 kkal
Jumlah Kandungan Protein Beras Ketan Hitam = 7 gr
Jumlah Kandungan Lemak Beras Ketan Hitam = 0,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Beras Ketan Hitam = 78 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Beras Ketan Hitam = 10 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Beras Ketan Hitam = 148 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Beras Ketan Hitam = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Beras Ketan Hitam = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Beras Ketan Hitam = 0,2 mg

Nah… lho… murah banyak manfaatnya to dari  semangkuk burjo ketan hitam…. cukup 5 ribu rupiah per mangkok, kenyang, stamina kembali, dan banyak manfaat kesehatannya. Badan Lemah, letih, lesu, lapar karena long riding? Serbu Burjo Lur……

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil