Lupakan Nostalgia Mio, Lebih Baik Konsep Baru Seperti R Concept.

suzuki

Yola dulur….. Nggak terasa tahun 2014 ini akan berakhir. Jika bicara dunia penjualan motor, yamaha sepertinya makin nyungsep saja… Meskipun senyungsep-nyungsepnya penjualan yamaha, ya tetep gedhe juga. Kalau dilihat dari kuantitas mungkin capaiannya hampir sama dengan tahun lalu. Namun jika melihat potensi pasar motor yang berkembang, berarti yamaha tidak menikmati perkembangan tersebut, semua ditelan oleh grup AHM.

black mio

Itu baru dari sisi peningkatan pasar motor, belum dari sisi peningkatan penjualan kelas sport yamaha, namun whole sale malah stagnan cenderung turun, berarti ada kelas lain yang turun…. Dan kelas itu disinyalir kuat adalah kelas metik.

Ya…. Sekarang ini metik merupakan core, inti, tulang punggung penjualan motor pabrikan besar. Karena trennya memang metik yang digemari publik menggantikan bebek di masa lalu. Yamaha sepertinya masih memakai gaya old fashioned, terkenang akan nostalgia kesuksesan Mio. Mengharapkan kekuatan naga tua mengobrak abrik medan pertempuran, mengharapkan capaian baru dengan image lama.

Sayangnya naga terlalu tua, sudah terlindas oleh era baru…. Era Beat…. Vario…. Meskipun dilahirkan naga-naga baru… Namun itu masih merupakan reinkarnasi naga tua bernama Mio…. Sebuah legenda besar… Namun di masa lalu. Naga memang simbol kekuatan besar sebuah monster, namun diera baru ini naga sudah diinjak-injak oleh monster modern seperti godzilla.

gulf oil
mio 125
mio 125

Sudah selayaknya yamaha meninggalkan nostalgia Mio, membuat langkah baru dari nol. Seperti gerakan di kelas sport dengan tag line R seriesnya. Di kelas metik harus dibuat tagline baru, sebuah jalur strata metik baru yang jelas, dengan slogan metik yang baru pula. Tiap line. Metik harus punya jalur keturunan yang jelas, bukan asal produk baru untuk mengisi segmen tertentu. Yah… Seperti pohon silsilah keluarga gitu.

Dengan cara seperti itu maka aura atau image yang terbentuk akan jelas di kemudian hari. Seperti jaman bebeknya Honda dengan silsilah astreanya atau supranya… Sangat kuat sekali brnd imagenya…. Mio sudah terbukti basi auranya… Lebih baik ditinggalkan…. Kalaupun masih memakai nama Mio, buang semua kesan mio yang ada sekarang….
Eh…. Belum-belum pelek dan bannya mengesankan mio yang sudah-sudah…. # tepok jidat tepok pantat dah…….

Bonus : Megadeth…. Family Tree

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum