Lek-Lekan….. Nikmatnya Hidup Di Kampung

suzuki

Yola dulur….. Dalam seminggu kemaren deka tiap malam kudu melek sampai minimal jam 12 malam. Kerabat deka ada yang mau hajatan, menikahkan anaknya. Dan seperti adat kebiasaan, seminggu sebelum hajatan dimulai maka ada acara Lek-Lekan.

lek-lekan
lek-lekan

Apa itu Lek-Lekan? Dari kata lek-lekan ini sudah berarti melek sampai malam atau dini hari. Acara ini dalam rangka memeriahkan acara menjelang hajatan dan untuk berbagi kesenangan kepada warga tetangga sekampung. Namanya hajatan tentu saja adalah acara penuh bahagia, tetangga kudu ikut merasakannya toh ya….Acara Lek-Lekan ini banyak deka jumpai di daerah kampung-kampung atau minimal di pinggiran kota besar. Entah kalau di kota besar, budaya Lek-Lekan ada atau tidak. Di acara lek-lekan, kegiatan utamanya ya ngumpul bareng, ngariung bersama tetangga. Bisa sambil main gaple, remi, truff, namun tidak melibatkan uang, atau hanya sekedar ngobrol ngalor ngidul di rumah pemilik hajatan.

lek lekan
lek lekan

Dan semuanya dilakukan dengan cara lesehan, sambil menikmati makanan kecil khas kampung seperti berbagai macam gorengan dan kue basah. Tidak lupa ada berbagai macam minuman seperti berbagai macam kopi, teh, atau air putih, yang jelas minuman memabukkan nggak tersedia ๐Ÿ˜€ .

Serta tidak lupa udud alias rokok untuk menemani aktivitas lek-lekan. Dan semuanya disediakan oleh tuan rumah selama seminggu full tiap malam…. Uenak to…. Suejuk to….. Sueger to…. Jian gandem marem tenan bisa ngemil, ngudud, ngopi gratis 1 minggu full…. Tanpa bayar.

lek lekan
lek lekan

Meskipun semua serba sederhana, namun inilah sebuah kenikmatan hidup di kampung ketika adat budaya masih dipegang dan tinggat hubungan sosialnya masih relatif lebih erat dibandingkan dengan kehidupan di perkotaan besar. Semoga eratnya hubungan sosial seperti ini tetap akan terjaga lebih lama. Jangan sampai kehidupan sosial terkotak-kotak dan individualistis….. Hanya ada kita…. dan…mereka…… Jangan…. Jangan….

Buat Ipan jomblizz…. pengen ora koyo ngene Pan……. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

nikahan

ย 

Bonus…….. Pink Floyd….. Us And Them


Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

gulf oil