Komplain Suzuki Ke Ducati : Brivio Hanya Butuh Klarifikasi

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Perkara komplainnya beberapa team motogp menyoal penggunaan ” winglet Swingarm ” ducati, banyak yang menduga didalangi oleh team honda. Namun yang berinisiasi pertama adalah aprilia, dan yang menindak lanjuti adalah team suzuki… Dan brivio hanya butuh klarifikasi.

Menurut boss brivio, team suzuki tidak berurusan dengan pencabutan juara seri, dovi. Yang diinginkan dengan adanya komplain resmi ini adalah soal titik terang penegakan aturan soal aerodinamik di motor motogp. Karena semua berdasar aturan resmi yang disepakati.

Sebelum komplain resmi, brivio sudah berbicara langsung secara private ke team ducati dulu, minta klarifikasi penggunaan swingarm winglet tersebut ( setelah free practice ). Dan meminta team tidak menggunakannya saat balapan, dan pasti akan ada komplain dan protes dari team lain… Dan team ducati pun mengamini kalau nanti pasti akan ada protes jika mereka tetap memakainya.

Pihak suzuki meminta klarifikasi dari pihak dorna resmi soal part tambahan tersebut. Karena tahun lalu sudah dibuat aturan resmi : team hanya boleh memakai 1 winglet di motor mereka, terpasang di body, dan tidak boleh menambahi lagi. Ini untuk membatasi penggunaan part aerodinamika yang tak terbatas dan butuh dana tak terbatas.

gulf oil
Swingarm winglet

“Last year all manufacturers discussed the issue of aerodynamics and we all agreed to establish some rules to limit the uncontrolled growth of research and development costs in this area,” 

“The engineers who work for the four manufacturers who filed the complaint believe that these appendices have an aerodynamic effect , generate aerodynamic force and, therefore, are contrary to the principles of regulation.

Masalahnya, dari pengamatan para insinyur 4 team yang protes, suzuki, aprilia, ktm, honda menyatakan bahwa part tersebut ada peran aerodinamika… Dan itu melanggar prinsip dari regulasi yang sudah dibuat. Sedangkan dari pihak ducati menyatakan tidak ada ada peran aerodinamis seperti peran winglet…. Hanya air scoop untuk mendinginkan ban. Sehingga ducati tetap kukuh memakainya.

Nah…. Disinilah peran komplain resmi team ke pihak dorna/ team tehnis motogp. Agar ditindaklanjuti dan dites, apakah memang ada peran aerodinamis di komponen tambahan tersebut. Secara tahun kemarin team aprilia memasang part sejenis dan dilarang….. Sekarang ducati memakainya dan legal… Ini juga pertanyaan sebagian team.

Konklusinya ada pada hasil pengujian part tersebut. Jika ada peran aerodinamis berarti ducati salah, jika tidak ada maka team ducati legal memakainya sampai akhir musim.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*