Ketika Motor Trail Menggunakan Mesin Suzuki GSXR1000…. Pembajak Tanah!!!!

suzuki

Yola dulur yang budiman….meskipun bukan pemain dirtbike, motor trail dibuat dengan hukum : seringan mungkin dengan torsi melimpah mulai rpm bawah. Motor akan liar semenjak throttle gas dibejek, mudah wheelie, dan tanah akan tersembur ke belakang ban. Speed tidaklah penting, yang penting tarikan, torsi manteb. Nah… bagaimana jika motor trail menggunakan mesin suzuki gsxr1000 yang anti tesis dengan mesin trail? Jadi pembajak tanah Lur!!!

Ya…. karakter mesin suzuki gsxr1000 yang berorientasi topspeed, sekencang mungkin di jalan aspal jelas tidak akan cocok dengan karakter mesin trail, dirtbike, motocros. Mesin gsxr1000 dan didukung sasisnya berorientasi ke tppseed, sehingga layout dibuat berat ke bawah untuk mendapatkan titk keseimbangan yang mantab saat kecepatan tinggi… motorsport justru menghindari wheelie, sedangkan trail justru mencari wheelie.

Namun ada bule yang membuat motor trail dengan basis motor suzuki gsxr1000. Selain mesin, sasisnya juga digunakan. Seekor Gixxer1000 dimodifikasi menjadi motor garuk tanah, melibas segala macam medan, menerabas semak belukar, menaiki bukit, melintasi jalan berbatu, berkerikil dan tanah kasar.

gulf oil

 

Hasilnya ternyata tak kalah menyenangkan dari motor trail. Motor mampu melibas segala macam medan yang dicoba. Bahkan diajak JUMPING !! Namun dengan karakter motor yang lebih berat dari umumnya motor trail, tentu butuh penyesuaian gaya riding… meskipun anda seorang Crosser tulen. Nampak juga di video ketika motor jumping, terasa sekali jika motornya berat…. sehingga tidak bisa melakukan jumping seekstrim motor trail pada umumnya.

Motor trail dengan basis motor suzuki gsxr1000 ini menjadi motor croos country yang mau diajak melewati jalan-jalan terjal non aspal dengan menyenangkan. Layaknya motor trail ringan, namun dengan kemampuan topseed di jalan dirt jauh melampaui motor-motor trail yang ada, dan suara khas 4 inline silinder yang tidak ditemui di motor trail manapun….. kekurangan torsi di rpm bawah dikompensasi dengan kubikasi 1000 cc dan power di rpm menengah atas…. jadilah gsxr1000 ini menjadi pembajak tanah tulen, menyemburkan tanah ke belakang dimanapun dia lewat. Bahkan ketika diajak berakselerasi melawan motor trail tulen ( sepertinya 250 cc ). gsxr1000 ini bejaban dan unggul. SSSSTTTTT…….ternyata motornya bisa dipesan melalui website resmi sang pembuat…

Silahkan dinikmati video berikut ini

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum