Ketika Kodok Menilai Motor Lain Itu Lebih Jelek

suzuki

Yola dulur… disebuah obrolan ringan, ada seseorang yang menceritakan bahwa motor yang paling bagus itu merk anu, sedangkan motor merk lain itu jelek atau minimal tidak enak. Ketika deka tanya lebih jauh, ternyata doi bukan motor enthusias, namun motor sebagai kebutuhan.

dari google
dari google

Doi ¬†mengatakan bahwa motor selain merk anu, itu ampang….. bawaanya ngga enak, boros, nggak manteb kalau dipakai. Soal mesin dan kualitas, hanya merk motor yang dia punya sekarang yang doi percaya. Selain merk anu, tertutup kemungkinan baginya untuk membeli motor tersebut.¬†

Ketika komparasi motor lain, dengan semangatnya doi mengatakan kalau motor merk itu cuma menang gaya, padahal ampang, ngelayang, nggak awet, terlalu ringan, menghentak-hentak. Merk eta boros, onderdil susah, desain jelek, perbaikan mahal, intinya kagak berani miara motor seperti itu, kagak layak. Makanya dalam hidupnya hanya percaya pada motor merk anu saja. Doi puas memakainya, sudah paling cocok dengan gaya berkendaranya.

Bicara puas dan paling cocok memang cenderung subyektif sih, deka sendiri maklum dan nggak menyangkal akan hal tersebut. Namun mendengar runutan cerita bahwa dari lahir ceprot sampai sekarang hanya mengenal motor merk anu saja, belum pernah memiliki, memelihara, atau minimal mencoba motor lain digunakan untuk harian dalam jangka waktu tertentu, tentu obyektvitas penilaian menjadi sangat rancu. Saat deka bilang, sudah penahkah mencoba motor lain?, doi jawab baru mencoba sebentar dan merasa kaku, kagok, nggak enak. Sebuah jawaban yang wajar karena tubuhnya hanya mengenal satu karakter motor saja, otomatis motor karakter lain menjadi aneh buat tubuhnya untuk bereaksi.

Bicara cocok atau terbaik buat dirinya sih nggak masalah, subyektif itu biasa. Namun menilai yang lain jelek itu yang tidak biasa. Jangan dah jadi katak yang selama ini dalam tempurung, kemudian menjelek-jelekkan dunia yang ada di luar tempurungnya, lha wong keluar tempurung saja kagak pernah dilakuin kok.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil