Ketika Gunung Bawah Laut AHM Gagal Meletus

suzuki

Yola dulur yang budiman….. ditahun 2014 (cmiiw) kita mendengar bahwa ahm sedang membangun plant baru untuk memperbesar output produksi. Dari info yang beredar, ahm dengan plant sebelumnya dirasa kerepotan untuk memproduksi semua line motornya sesuai target produksi. Dengan plant baru ini, nantinya akan fokus untuk produksi motor sport. Plant baru ini dianggap sebagai gunung bawah laut jika meletus akan meluluhlantakkan dunia bisnis motor kompetitornya. Namun sejauh ini, letusannya belum heboh, masih gagal meletus.

gunung bawah laut

Gunung bawah laut memang istilah atau julukan yang menyeramkan. Pada awal muncul istilah ini juga terdengar menyeramkan, dalam pikiran akan muncul kalau ahm bener-bener akan menggila, menghabisi pasar motor nasional. Dengan plant atau pabrik baru jelas kapasitas produksi mereka akan menyeramkan. Tapi ingat…. kapasitas produksi dalam bisnis adalah langkah dibelakang langkah utama, bagaimana membuat demand meningkat, marketing.

Disinyalir, ahm membaca potensi kelas sport ( motor laki ) mereka belum maksimal, karena selama waktu itu penguasanya adalah yamaha. Dengan plant baru ini, mereka akan fokus untuk produksi motor laki agar bisa mengalahkah yamaha. Jejaknya sangat jelas…… sekarang begitu royalnya ahm menggelontorkan motor-motor laki baru dengan cycle life produk relatif singkat. 2-3 tahun cut…. ganti produk baru.

gulf oil

Jika sesuai rencana, maka gunung bawah laut akan berefek fenomenal, meluluh-lantakkan bisnis kompetitor. Tapi sayangnya fenomena yang lebih besar dari planning strategi kumpeni terjadi. Demand atau pasar motor nasional 2015 menurun, cukup besar…. 24% dari pasar 2014. Kumpulan magma di dalam gunung bawah laut menjadi sia-sia jika¬† meledak sekarang….. siapa yang mau beli???

Justru dalam kondisi sekarang, gunung bawah laut ahm menurut deka menjadi beban tersendiri abgi ahm. Pertama…. jelas pembuatan plant butuh modal besar, dan modal ini dari uang milik astra grup, bukan cuma astra honda. Jelas ahm harus mengembalikan modal tersebut ke grup astra, membayar darimana? ya dari hasil jualan produk yang dibuat di plant-plant mereka.

Nah… dengan kondisi pasar yang malah menurun sekarang, jelas hal ini bukan yang diinginkan oleh ahm. Karena harapan mereka ada tambahan pemasukan dari dibuatnya plant baru tersebut, otomatis yang diinginkan adalah pasar motor mereka berkembang. Kondisi mereka sekarang jualannya menurun karena kondisi pasar, walau secara nasional masih juara jualan motor.

Bahkan rumor yang beredar, bakalan ada pengurangan jumlah tenaga kerja kontrak mereka. Ini juga akan kontradiktif dengan fenomena gunung bawah laut. Kalau SDM-nya berkurang, gimana produksi akan meningkat? padahal plant baru dibuat agar produksi meningkat. Gunung berapi bawah laut sampai sekarang masih gagal meletus. Namun itu tetap menjadi cadangan senjata yang bagus…. sejauh ini masih berupa “potensi membahayakan musuh“. Namun bicara potensi, berarti kita juga bicara syarat dan ketentuan berlaku.

Yang jelas, akan terjadi implikasi yang tidak diinginkan dalam tubuh ahm sendiri karena gunung bawah laut gagal meletus ini. Implikasi apa? hanya mereka yang tahu dan para orang ahm yang mengalami sendiri…….

Ini hanya sekedar tulisan terawangan, deka bukan orang dalam lingkaran ahm atau para kompetitornya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum