Kenapa Yoshimura Seperti Menjadi Saudaranya Suzuki?

suzuki

Yola dulur yang budiman….¬†terinspirasi dari pertanyaan seorang pembaca blog yang menanyakan, kenapa motor balap suzuki sangat identik dengan sponsor yoshimura? Motor balap suzuki selalu ada emblem atau siker yoshimura. Mari kita obrolkan kenapa yoshimura seperti menjadi saudaranya Suzuki.

Jika bicara motor balap jalanan, bukan motogp, stiker yoshimura selalu ada di motor suzuki. Motor Motogp adalah motor prototype, semua yang terlibat adalah divisi exclusive. Sedangkan yoshimura spesialis racing part motor produksi. Dilain sisi, masih banyak yang mengira bahwa yoshimura adalah pabrikan knalpot racing aftermarket. Setengah betul sih. Yoshimura adalah produsen knalpot racing untuk semua merk motor. yoshimura adalah merk knalpot aftermarket, tanpa memandang motornya merk apa.

Padahal sejatinya yoshimura adalah produsen saprepart racing, tidak hanya knalpot saja. Tapi berbagai jenis komponen balap. Ya… semua merk motor bisa pesan part racing yoshimura. Namun bagi yoshimura sendiri, motor suzuki adalah spesialisasi mereka. setiap motor sport suzuki, yoshimura langsung riset kompenen balapnya. Kenapa yoshimura melakukan hal tersebut? Apakah itu akan mengurangi respon konsumen motor merk lain? No…… yoshimura adalah produsen profesional.

Kerjasama Suzuki dengan yoshimura berjalan sangat erat, ibarat kata seprti saudara sendiri. Bukan dianak emaskan, tetapi jalinan kerjasama mereka tidak sekedar jalinan bisnis semata, namun juga jalinan emosi. Rasa saling membutuhkan dan anggapan seperti keluarga sendiri ditularkan secara turun temurun antara pihak yoshimura dengan suzuki.

Ini dimulai sejak tahun 1978, dimana Hideo “pops” yoshimura menjadi tunner motor balap suzuki. Dimana setahun dipegang oleh “Pops” suzuki mendapatkan juara seri AMA amerika. Nama pop menjadi legenda tunner suzuki yang melahirkan motor mumpuni.

Kombinasi motor suzuki dengan yoshimura melahirkan motor-motor juara track…… sampai saat ini dengan suzuki GSXR1000, dan juara AMA tahun kemarin. Kombinasi motor suzuki dan tunning dari yoshimura adalah resep sukses mereka. Khususnya di dunia track abalap motor produksi di amerika.

Sampai pada masa dimana “pops” pensiun dari dunia tunning balap, kemudian membuat rumah produksi yang membuat part-part racing. Nah… pihak suzuki tidak mau meninggalkan jasa “Pop” selama itu. Akhirnya hampir semua motor balap suzuki dituned up, dibekali komponen balap dari hasil rumah produksi yang menggunakan nama belakang “Pops”, Yoshimura. Ketika perusahaan yoshimura beralih kepemimpinan, jalinan erat tersebut tetap dipertahankan antara pihak suzuki dan yoshimura.

Jadi ketika motor balap suzuki ada stiker yoshimura, itu bukan sekedar sponsor, namun menunjukkan bahwa motor suzuki tersebut menggunakan komponen balap produk yoshimura. Mungkin hanya motor suzuki yang mempunyai mitra spesialis racing seperti yoshimura. Seperti di mobil, toyota dengan TRD, Nissan dengan Nismo, Mitsubishi dengan rallyArt, Subaru dengan STI, honda dengan mugen, BMW dengan M divison mereka.

Berikut ini video sejarah jalinan yoshimura dengan suzuki

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil