Kenapa Tarikan Metik Suzuki Nex II Tidak Segalak Metik Lain?

suzuki

Yola dulur yang Budiman… Jika anda mempunyai atau pernah merasakan sensasi metik suzuki maka akan mengenal karakter metiknya. Secara umum, metik suzuki termasuk Nex II akselerasinya tidak segalak metik jepang lainnya yang sekelas. Apakah ada maksud tertentu? Mari kita bahas bareng.

Secara keseluruhan ciri khas metik Suzuki adalah tarikan yang kalem, tenaga baru keluar di rpm menengah atas. Ini sudah dimulai dari jaman spin, skydrive, skywave, nex, address, sampai dengan nex II. Dibilang tarikan lemot juga ngga, namun tidak se”menghentak ” katakanlah honda beat. Dari percakapan iseng dengan yang ” ngakunya orang dalem suzuki “, diperoleh beberapa alasan.

Ini bukan soal kubikasi atau tehnologi, tapi soal karakter bore stroke 51 x 55,2 untuk mesin 113 CC, bandingkan dengan beat fi yang 50 x 55 mm  110 CC….. Ya…mesin nexII bore lebih besar 1 mm dibandingkan beat. Berarti bore Suzuki Nex II lebih gede. Maka kelihatan orientasi Suzuki nex II di rpm diatas Honda beat untuk berakselerasi maksimal.

Suzuki juga ingin memaksimalkan kestabilan sasis metik mereka untuk kecepatan tinggi, sehingga ratio gear memang untuk kecepatan atas dan mengurangi performa di rpm bawah. Dengan sedikit mengurangi performa rpm bawah untuk dikompensasikan di rpm atas, metik suzuki bisa bermain-main di rpm atas. Silahkan rasakan metik suzuki di kecepatan diatas 80 km/jam, rasakana kestabilan dan reaksi mesinnya. Ada perbedaan disitu….

Jikapun anda ingin membuat akselerasi, tarikan metik suzuki lebih galak di rpm awal, sebenarnya sangat mudah, Ini sudah dilakukan oleh masbro Ikhsan Jumaris di suzuki addressnya. Hanya bermain-main di sektor pulley doang. Namun tentunya itu akan menghilangkan maksud dari pembuatan metik suzuki itu sendiri.

Setelah bicara dengan ketua tukang pel Suzuki, doi mengutarakan pendapatnya tentang tarikan metik suzuki tersebut bertujuan agar metik tidak begitu galak akselerasi awalnya. Karena kebanyakan pengguna metik entry level adalah multigender dan multi umur, wanita, rider pemula. Dengan responsivitas di rpm bawah dijinakkan maka meminimalisir resiko gugup saat tarikan gas awal. Saat gas diplintir kasar, metik tidak berakselerasi liar, ada jeda waktu untuk mengontrolnya.

Jika anda pembaca angkatan lawas blog ini, tentu masih ingat artikel awal-awal ngadimin ngeblog soal karakter overbore, overstroke, dan kembali overbore, saat mulai belajar naik motor kemudian sampai ke jenjang expert.

Overbore-Overstroke-Overbore

Sepertinya alasan tukang pel tersebut kok sesuai dengan opini jadul ngadimin……. yah…. ngadimin manggut-manggut saja….. So memang hampir semua line up motor suzuki bermainnya di rpm menengah ke atas, bukan sedari gas pertama kali dibetot.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum