Kenapa Spiny Sleeve Cylinder Lebih Mudah Menghantarkan Panas?

suzuki

Yola dulur….. istilah spiny sleeve kembali menghangat akhir-akhir ini. Bukan suatu kebetulan, karena istilah ini termasuk dalam satu paket tekhnologi Esp yang menjadi tagline metik entry levelnya AHM, Honda Beat. Dalam share tehnologinya beberapa waktu yang lalu diterangkan akan fitur spiny sleeve yang diklaim membuat silinder lebih mudah menghantarkan panas. Nah mari kita obrolin kenapa spiny sleeve lebih mudah menghilangkan panas hasil pembakaran internal motor.

silinder sleeve
silinder sleeve

Semenjak perkembangan metalurgi yang digunakan dalam bidang otomotif, akhirnya mencapai yang namanya penggunaan sleeve atau selongsong silinder yang digabungkan dengan blok mesin. Sleeve sendiri menggantikan tehnologi dinding silinder yang selogam dengan blok mesin. Dulunya pilihan blok mesin ada 2 pilihan, aluminium atau baja. aluminium ringan, gampang menghantarkan panas, namun daya gerusnya besar. Sedangkan baja, kuat, lebih tahan gerus, namun berat dan lebih kurang dalam menghantarkan panas. Akhirnya dikombinasikanlah dua jenis logam tersebut dalam penggunaanya dalam pembuatan dinding silinder blok mesin. Sisi dalam menggunakan silinder logam baja yang keras, sedangkan sisi luarnya menggunakan alumunium agar berat total mesin ringan dan membuang panas dengan baik. Nah… kombinasi inilah yang di sebut dengan sleeve.

Dalam perkembangannya, muncul lagi kelemahan dari sleeve yang terdiri dari dua macam logam ini, namun yang utama adalah penghantaran panas dari logam sleeve dalam dari baja tersebut terganggu saat menyalurkannya ke blok luar yang terbuat dari aluminium. Selain itu karena sama-sama berdinding rata, licin antara baja dan alumunium, maka saat penggabungan, konstruksinya kurang kuat. Akhirnya dengan inovasi sederhana secara teori, sleeve atau tabung silinder dalam yang terbuat dari baja, dinding luarnya dibuat tidak rata……. yolaaaaa….. muncullah istilah spiny sleeve.

gulf oil
spiny sleeve cylinder
spiny sleeve cylinder

Dengan permuakaan dinding luar sleeve yang tidak rata, entah berbentuk tonolan-tonjolan bulat, atau tonjolan-tonjolan berbentuk batang atau spike, maka konstruksi penggabungan dua logam beda jenis ini akan jauh lebih kuat karena keduanya akan saling mengunci. Kemudian manfaat utama lainnya adalah lebih mudah dalam menghantarkan panas….KENAPA???? Well….seingat deka, pelajaran IPA saat SD mengatakan semakin luas bidang penampang, maka semakin mudah melepaskan panas. Atau ilmu biologi SMP tentang dinding usus yang berjonjot-jonjot banyak yang membuat luas penampang bidangnya berlipat-lipat luasnya untuk menyerap makanan. Nah…… dengan adanya tonjolan-tonjolan tersebut, maka luas permukaan sleeve akan lebih luas daripada dinding yang rata……dan lebih mudah dalam menghantarkan panas.

spiny sleeve genset yamaha
spiny sleeve genset yamaha

Spiny sleeve cylinder sendiri sudah lama dipakai dalam bidang otomotif maupun mesin industri. hampir sebagian motor juga menggunakan spiny sleeve untuk memperoleh keuntungan pelepasan kalor hasilpembakaran mesin, khususnya pada mesin motor yang masih menggunakan Air Cooled. Bahkan gensetnya yamaha juga sudah menggunakan spiny sleeve cylinder untuk membantu pelepasan panas mesin  😀 …….. terus dalam perkembangannya terjadi perubahan jenis logam untuk dinding silinder….. kita bahas lain waktu ya Lur…..

bonus : Slave  To the Grind…… By Skid Row