Kenapa Silinder SCEM Dan Diasil Silinder Tidak Recomended Di Kolter?

pleci
suzuki

Yola dulur…. ada pertanyaan umum yang beredar di publik biker, dan itu bisa digunakan untuk meracuni opini publik tentang keunggulan silinder SCEM dan diasil. Ya… keunggulan dua jenis silinder itu bisa diputar balikkan faktanya agar menjadi bahan yang penuh kelemahan. Ya….. yang awalnya menjadi keunggulan mutlak direkayasa bahwa mesin yang menggunakan liner berpelapis atau memakai diasil silinder itu mesin yang penuh keterbatasan karena tidak bisa di bubut atau dikolter.

coated sleeve, plated sleeve
coated sleeve, plated sleeve

Kalau mengikuti artikel-artikel sebelumnya di warung ini sih jawaban seperti itu bisa dijawab dengan mudah, yuk silahkan cek di artikel berikut

plus-minus-3-macam-jenis-silinder-blok-mesin-motor-part-1/

plus-minus-3-macam-jenis-blok-silinder-motor-part-2/

perbedaan-scem-dan-diasil-unggul-mana/

Ya…. beredar diobrolan motor bahwa kelemahan utama di silinder scem dan diasil adalah tidak bisa dikolter atau bore-up. ย Kenapa begitu? karena jelas scem dan diasil itu kerasnya melebihi baja. Jadi kalau dikolter harus memakai mata bor spesial biar tedas mengikisis dinding liner, nah…. mata bor ini jelas mahal dan terbatas keberadaannya. Namun lebih fatalnya lagi, andaikatabisa dikolter pun, keunggulan scem dan diasil menjadi hilang….. khususnya efek anti friksinya.

gulf oil
perbandingan steel sleeve dan diasil silinder
perbandingan steel sleeve dan diasil silinder

Lho kenapa?…. ya karena scem itu punya dinding pelapis yang sangat tipis, begitu pula dengan diasil yang ada konsentrasi lebih silicon di permukaan liner. Saat berhasil dikolter, otomatis pelicin tersebut akan hilang. Jika masih ingin anti friksi harus dilapisi ulang yang memakan banyak biaya untuk scem, atau menimbulkan konsentrasi lebih silikon pada diasil.

Lagi pula, “kelemahan” ini sebenarnya bukanlah kelemahan, ingat, silinder scem dan diasil itu lebih keras dibandingkan liner baja, jadi tergoresnya juga lebih tahan lama daripada liner konvensional. Gampangnya, liner dengan pelapis seperti ini ย lebih susah tergores dibandingkan liner baja, jadi buat apa dikolter? Kalau karena penggunaan yang bergajulan, kasar, suka memperkosa motor yang mengakibatkan linernya rusak tergores, yah…. tinggal ganti se set saja….. Paling juga selisih nggak banyak daripada kolter barang lama…. plus dapat bonus silinder baru, spare part baru dengan keunggulan lebih dibandingkan yang konvensional kan….

diasi lsilinder
diasi lsilinder

Masih ragu memakai silinder scem atau diasil karena nggak bisa dikolter? hehehehe…. lha barang baru belum rusak kok udah mikir rusak….. Kalau deka lebih milih nggak usah dikolter dah…. berarti silindernya waras….kalau dikolter berarti silindernya rusak duluan…. ย ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ….. Dikasih tehnologi tinggi kok nggak mau, lebih berat ke tukang kolter ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ …..

Bonus…. Fool For Your Loving….. By Whitesnake

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum