Kenapa Harus DOHC NVL, R-15?

nvl dari wak haji TMC
suzuki

Yola dulur…. Pada artikel terdahulu deka mengangkat topik tentang NVL dan R-15 yang akan memakai mesin baru. Dan ternyata diperkuat oleh bro madev bahwa mesin baru NVL dan R-15 ternyata memakai sistem DOHC. Anggap saja benar, maka kenapa NVL dan R-15 memakai mesin DOHC? Mari kita obrolin khas warung ini.

nvl dari wak haji TMC
nvl dari wak haji TMC

Sebenarnya dengan memakai mesin SOHC pun untuk kelas 150 cc perbedaannya hanya sesendok makan ibaratnya. Beda 1 hp-an buat jalan umum paling terasa saat long stright way. Namun itu dari kacamata awam, sangat berbeda jika dilihat dari sudut pandang “product image” kumpeni.

Seperti kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini sektor desain dan strategi marketing yamaha masih aman menyelimuti penjualan gacoan mereka, NVL dan R-15. Namun dengan semakin gencarnya pihak seberang jalan dalam meng-embosh performa DOHC, tentu lambat laun akan mempengaruhi image product-nya. Seperti pada mahfumnya hukum di marih, 2 lebih bagus dibanding 1, double lbh bagus dibanding single, DOHC lebih dibanding SOHC. Lambat laun kekuatan desain NVL dan R-15 akan tergerus juga kan oleh parameter opini seperti itu, mosok motor ganteng performanya kalah ( walau sesendok makan ), namun dalam strategi marketing, winning is winning, itu menjadi bahan jualan.

(red white r15)
(red white r15)

Kemudian melihat umur mesin racikan Miranelli ini juga sudah termasuk uzur, dari jaman jebooth udah dipakai. Kalau nggak salah dari tahun 2007 apa 2008 yak? CMIIW. Yamaha sudah terlalu banyak merengguk untung dari mesin ini, sudah saatnya diistirahatkan. Emang mau nasibnya kek megapro yang kelamaan pake mesin itu-itu saja, atau tiger dengan mesin kaizen-nya. Walaupun sudah dirombak, namun terlambat karena nggak diupgrade mesinnya jauh-jauh hari.

Sepertinya YIMM udah mulai belajar dari kasus Mio yang terlambat upgrade sektor mesin. Kelas sport sebagai benteng terakhir dan menjadi core strategi, mereka nggak mau kecolongan lagi. Meskipun sebenarnya mereka keukeuh bahwa SOHC mereka cuma kalah tipis dibandingkan DOHC, namun tuntutan publik meminta seperti itu. Masih hangat pikiran kita tentang perubahan desain mio yang nyerempet-nyerempet desain sebelah kemarin kan? sebuah langkah yang nonsense dilakukan yamaha pada masa lalu.

ilustrasi
ilustrasi

Itulah kondisi pasar, kalau nggak mau ngikutin mindset yang beredar, siap-siap digusur penjualannya. Apalagi Suzuki juga dipastikan akan bermain di kelas sport 150 cc, dan pastinya DOHC ( silahkan bookmark, ngikut gayanya wak haji 😀 ). Belum lagi kawasaki dengan ninja 150 nya nantinyan dan naga-naganya juga dohc… Mirip mesin ktm….. Upssssss 😀 . Mosok hanya yamaha saja yang SOHC? Ya bahaya buat motor sportnya……

Bonus : High Enough….. By Damn Yankees …

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum