Kemungkinan Suzuki GSXR150 Tembus Pasar Amerika Serikat?

Yola dulur yang budiman… Dapat info lumayan aneh nih. Saya bilang aneh karena selama ini tidak pernah dilakukan oleh suzuki. Pasar motor amerika serikat didominasi oleh motor kubikasi besar. Bahkan kelas 600 cc saja masih dibilang biasa. Entry level adalah 300-500 cc. Lha ini kok ada kemungkinan suzuki GSXR150 akan tembus pasar amerika serikat?

Dinukil dari Motorcycle.com, bahwa suzuki memamerkan suzuki gsxr150 di ajang pameran AIME-EXPO. Tujuannya untuk menjaring demand motorsport kubikasi kecil di amerika serikat. Di negeri paman sam, ini hal yang sangat baru. Suzuki ternyata mengendus ada pertumbuhan selera motor di kubikasi kecil, khususnya bagi anak-anak muda yang interset dengan motor dengan lisensi ( SIM ) awal.

Cukup berbeda dengan suzuki gsxr125 yang di pasarkan di eropa. Di eropa, pasar 125 cc sudah terbentuk karena aturan sim di eropa, untuk pemula memang dibatasi sampai 125 cc. Namun kini menyasar amerika serikat dengan 150 cc. Padahal amat sangat jarang pabrikan jepang lainnya bermain di kelas motorsport kubikasi kecil. Adapun cc kecil diisi oleh skuter metik.

Sepertinya suzuki sedang mencari atau menyasar pasarnya sendiri, Niche nya sendiri, disaat yang lainnya belum bermain. taktik ini bukan hanya saat ini dengan suzuki GSXR150, tahun kemarin suzuki menjual motor kubikasi ” kecil ” untuk USA, motor adventure terkecil di USA, V-strom 250.

Menyasar kelas kecil mungkin langkah berani dari suzuki untuk memperluas pasar. namun ini seperti pertaruhan, karena GSXR150 akan menjadi motorsport terkecil dibandingkan motor sport jepang lainnya seperti CBR300, R300, atau Ninja 300. Apakah Demand suzuki GSXR150 bakaln menjadi potensi yang cukup bagi suzuki untuk memasarkannya ke amerika? kita tunggu saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum