Kemungkinan Harga GSX-R150 27,9 Juta Diperpenjang

suzuki

Yola dulur yang budiman…..harga suzuki gsxr150 yang 27,9 juta memang termasuk miring, murah untuk di kelasnya. Bandingkan dengan kompatriotnya seperti cbr150 yang dibandrol 34 juta, atau R-15 lawas yang berada di 31-32 juta. Walaupun harga promo, bagaimanapun tetaplah harga jual. Adakah kemungkinan jika harga tersebut dipertahankan? Yuk kita obrolin bersama.

 

Lumrahnya yang namanya harga promo itu adalah cutting price saat pengenalan produk. Setelah produk diterima oleh publik, atau setelah beberapa waktu harga akan merangkak naik. Itulah strategi pemasaran, sehingga kadang harga awal saat promo tidak dihitung harga riil motor tersebut.

Dalam ilmu marketing yang namanya strategi tentu banyak jalannya. Bahkan ketika berlawanan dengan kebiasaan strategi marketingpun tetaplah strategi juga…contra strategi. Kalok yang lainnya semakin laku motor maka harga dinaikin dari harga awal, itu namanya memaksimalkan potensi yang ada.

Di kasus suzuki, sampai sekarang belum saatnya memaksimalkan potensi yang ada. Lebih tepat jika suzuki tetap memilih jalan untuk melebarkan potensi pasar. Gampangnya, bukan menambah keuntungan dari potensi lahan 1 hektar, tapi menambah lahan agar keuntungannya bertambah. Dengan jalan ini untuk meningkatkan keuntungan dengan cara menambah jumlah pembeli… Perluasan potensi pasar.

Jadi walaupun dengan harga tetap, potensi keuntungan tetap bertambah karena perluasan pasar. Syaratnya adalah harga jual sekarang termasuk harga yang aman secara margin. Dan deka yakin harga sekarangpun suzuki sudah untung, entah besarannya berapa…tidak tahu.

Dengan selisih harga 3-5 juta dari pesaing jelas itu merupakan nilai tawar yang sangat ampuh sebagai daya magnet menarik pembeli untuk mendekat. Berbeda dengan selisih 1-2 juta dibandingkan kompetitor, sedangkan kondisi suzuki sedang ingin mengembalikan trust yang hilang….daya tariknya akan berkurang.

gulf oil

Opini deka ini kok sejalan dengan info teman yang “ngakunya orang dalem suzuki”. Saat ditanya apakah ada kemungkinan harga promo diperpanjang? Dia menjawab ” kalok penjualannya melebihi target, bisa itu kita pertimbangkan”. Setelah deka cari-cari, berapakah sih target awal penjualan gsxr150? Ternyata 3000 unit per bulan untuk 3 bulan pertama…. Weh….padahal bulan februari udah di angka 4200 unit.

 

Kalok info teman itu benar, maka bisa jadi suzuki akan mempertimbangkan perpanjangan harga promo yang awalnya sampai bulan maret. Selama penjualan di atas 4000 unit per bulan maka harga promo diperpanjang.

Cara diatas mungkin dianggap konyol…mosok laris ndak up harga…mumpung nih….. Tapi ini bisa menjadi kontra strategi lawan, di mata konsumen, suzuki seperti memanjakan buyernya. Di lain sisi, pembeli tetap akan berbondong-bondong beli agar harga promo tetap bertahan. Namun ada yang lebih krusial dari itu semua…¬†menjual dengan rasa kejujuran¬†. Sebuah langkah strategi marketing yang sudah lama diidam-idamkan oleh konsumen.

Jadi naik tidaknya harga produk yang menentukan adalah konsumen sendiri. Jika tetap ingin murah, ayo larisi produk kami. Bukan melihat konsumen sebagai tambang keruk untung. Kalok bisa ambil 10 juta dari 1 kantong kenapa harus 8 juta per kantong? Itu adalah cara umum…sungguh salut luar biasa jika suzuki berani ambil langkah kontra strategi di atas.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum