Kelemahan Water Bubbler Inject Vacuum Dan Solusinya

jarum intake
suzuki

Yola dulur yang budiman… Setelah menginstal water bubbler inject versi sederhana dan menguji jalan beberapa hari, akhirnya ditemukan kelemahan di sistem ini.

Sebelumnya, daripada bertanya melulu, silahkan cek artikel bubbler water inject berikut ini.

Dalam kondisi iddle, semua berjalan normal. Sedotan vacuum cukup baik, water bubble terbentuk di tabung. Dan ketika gas langsung, motor juga normal berlari, tidak ada gejala. Ngelag, brebet, ngempos. Motor terasa enteng, tenaga selalu ngisi sampai rpm tinggi.

Masalahnya justru muncul ketika jalan santai. Ketika bukaan gas kecil dan rpm sampai di angka 5000an, muncul gejala brebet… Tipis sekali jika dulur peka, maka akan merasakannya. Tidak sampai jalan endut-enduta , tapi dr rpm terlihat naik turun 1 strip. Gejala yang dirasakan lainnya adalah suara mesin… Mirip dengan telat bensin… Itupun sangat tipis.

gulf oil

Kalau boleh menebak, sumber problemnya ada di bagian intake sedotan. Sistem ini mengandalkan vacuum mesin. Sehingga udara + uap air masuk langsung ke intake manifold. Sedangkan sensor O2 pertama ada di Throttle body. Ini bararti tanpa sepengetahuan sensor, udara langsung masuk ke ruang bakar. Otomatis kadar O2 lebih banyak dari idealnya, setingan jadi kering atau LEAN.

Ketika iddle dan rpm bawah tidak akan terasa? Karena setingan yang pas adalah yang kering. Begitu rpm menengah atas baru deh terasa. Tapi kasus ini hanya berlaku ketika bukaan gas kecil. Ketika bukaan gas besar tidak terjadi…. Jadi ngademin simpulkan asupan bensin kurang karena fenomena manipulasi udara diatas… Fenomena ini tidak terjadi di water inject karena yang tersedot adalah murni air. Sedangkan yang sekarang adalah udara.

Setelah mendiagnosa sumber masalah, maka solusinya adalah memindah posisi intake. Tidak di intake manifold, tapi di depan throttle body ( TB ). Ngademin rencanakan di box filter udara. Agar udara terbaca oleh sensor di TB.

Masalahnya, jika posisi di depan TB, maka vacuum tak akan didapatkan, dan bubble tidak akan terbentuk. Nah, ini mau tak mau harus merubah sistem negatif ( mengandalkan vacuum mesin ) menjadi sistem aktif…. Bubble terbentuk karena bantuan pompa, terjadi dorongan ke arah box filter dan tersedot oleh TB. Ini membutuhkan pompa udara kecil yang oleh ngademin sedang dipesan. Untuk menambah efek bakar, ngademin tidak hanya menggunakan air, tapi dicampur dengan methanol.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum