Kecil Kemungkinan Honda Tiger dan Yamaha Scorpio Dual Silinder…..

Yamaha Scorpio
suzuki

Yola dulur…..dua motor yang deka sebut di judul sekarang nasibnya nggak jelas. Mau diapain lagi kedua motor beda merk namun punya nasib sama itu? Dua-duanya tergerus oleh perubahan mindset biker terhadap kelas motor.

Dulu, khususnya honda tiger bisa berkibar perkasa karena segmen motor, khususnya kelas sport hanya dibedakan dari kubikasi. Makin besar kubikasi dianggap lebih prestise dibandingkan kubikasi dibawahnya. Desain hampir sama semua di tiap kubikasi.Setelah muncul Vixion yang menyajikan dobrakan revolusi motor sport, mulailah segmen sport menjadi beragam seperti sekarang. Apalagi dengan munculnya Kawasaki Ninja yang secara kubikasi lebih gedhe, lebih powerfull, dan yang jelas desainnya lebih eye catching. Belum lagi publik biker diberi wawasan baru oleh motor India tentang value sebuah motor sport… Makin redup pamor kedua motor tersebut. Yang dulunya sebagai motor pamungkas di kelas sport menjadi seperti terjepit diantara sesaknya kelas sport.

Yamaha Scorpio
Yamaha Scorpio

Jikapun sekarang mau reborn, mau diposisikan dimana? Masih bertahan dengan old fashioned style, motor pamungkas jelas kaga mungkin, motor- motor 250 cc sudah berharga 50an juta. Lompatannya terlalu besar, dari harga kepala 2 ke kepala 5 atau 6. Mau tidak mau akan bermain di range 30an juta…. Dan itu bukanlah harga dari motor prestis.

Ada wacana tiger lebih baik dibuat dual silinder….. Hmmmm… Dengan harga 30-40 juta dapat dual silinder? Kalau motor India ane mungkin percaya, tapi kalau kumpeni jepang? keknya mimpi sambil berdiri deh….. Jadi yang paling masuk akal, tetap 1 silinder…. 250 cc.

Lho kenapa bukan bukan 200 atau rumor tiger 230 cc? Nanggung…. Kelas nanggung jelas pasarnya juga nanggung. Di sini sudah terbentuk jenjang motor sport itu dari 150 ke 250 terus ke 600. Diluar negeri pergeseran selera ini juga terjadi kok, dari 250 cc ke 300 cc serta dikuburnya motor-motor kubikasi 400 cc, langsung melompat ke 600 cc.

Khusus Tiger, dengan kubikasi 250 cc jelas akan mengurangi biaya riset… Ada mesin 250 cc yang nganggur…. Mesin cbr 250 cc yang akan hijrah ke V twin. Lha kalau scorpio gimana? Nah ini deka sendiri masih suram nerawangnya…. Mesin 1 silinder 250 cc yamaha yang udah dohc mesin apa ya? Yang jelas kalau WR250R jelas kemahalan.

gulf oil
klub tiger
klub tiger

 

Kenapa deka bilang kedua motor ini harus 1 silinder? Karena inilah soul motor ini yang mengutamakan torsi…..sekarang urusan topspeed adalah tanggung jawab motor full fairing. Sedangkan kedua motor ini jenis naked.

Untuk membedakan dengan versi naked dari 250 paralel enjin, maka subsegmen tiger dan scorpio kudu jelas biar tidak berbenturan. Kalau berbenturan udah kalah pamor mindset duluan, akan dianggap motor inferior dibandingkan 250 cc paralel enjin, atau malah saling bunuh satu merk. Bisa saja dibikin jenis pasar baru… Motor cruiser ( contohnya regal raptor ) atau jenis motor light hooligan atau deka sebut di artikel kemarin sebagai motor Bastard (cek artikel ini).

honda hornet 900
honda hornet 900

Dengan opsi seperti diatas sepertinya ada celah untuk kedua motor ini reborn dan kembali ngeksis di dunia pasar permotoran. Dan yang jelas jenis motor akan sangat beragam…. Dunia permotoran akan lebih bervariasi. Tapi syaratnya ya itu… Perlu lompatan baru…

Bonus….. Van Halen…….. Jump…..

 

Semoga bermanfaat
Wassalamaualaikum