Kebijakan Diskon Harga Belum Tentu Kebijakan Diler

suzuki

brosur honda update 25 okt

Yola dulur yang budiman…. kita sudah sering menemukan program diskon penjualan motor, merk apapun melalui selebaran-selebaran. Atau selebaran yang dipublish melalui media, termasuk blog. Asumsi kita saat ini sebagian menganggap itu adalah kebijakan pabrikan pusat…. SSttt…. Let I tell you a little secret…. padahal itu belum tentu kebijakan sebuah diler lho.

Sebuah diskon produk motor punya interpretasi macam-macam tergantung isi kepala masing-masing. Kalok dasarnya fansboy, itulah kebijakan pabrikan untuk memanjakan konsumennya. Kalok di otak haters, pabrikan sedang obral motor karena ndak laku. Buat konsumen biasa, mbuh itu program opo, yang penting dapat motor lebih murah….

Dari perbincangan deka dengan temens yang bekerja di diler motor, mereka mengatakan bahwa kebijakan diskon harga belum tentu kebijakan diler. Lho maksude piye? Begini…. kita harus tahu mata rantai sebuah motor dari diler sampai ke tangan konsumen. Pertama konsumen membeli motor secara cash keras…. dan yang kedua membeli secara kredit melalui perusahaan pembiayaan atau leasing.

Begitu juga mata rantai motor terbeli dari diler ke konsumen. Ada yang langsung dari diler ke konsumen, yaitu dengan cara jual beli cash, atau dari diler dibeli perusahaan leasing, baru perusahan leasing menjualnya ke konsumen. Bagi yang bekerja langsung di diler motor pasti paham. Ada jaringan kerja antara diler dengan perusahaan leasing. Kalok melalui leasing, jaminan kuantitas barang yang keluar lebih banyak.

gulf oil

Sampai sini sudah mulai jelas? Gini…. ketika stok jatah leasing ternyata dianggap menunmpuk, maka akan muncul program diskon harga motor. Namun ciri yang paling jelas adalah diskon dalam bentuk pemotongan DP, bukan harga dasar motor. Atau malah pemotongan cicilan perbulan, atau diskon cicilan. Dan ini biasanya merujuk ke diler tertentu, dimana diler yang kerjasama dengan perusahaan leasing lain tidak mengadakan program tersebut….. Ini menunjukkan kalok diskon harga dari perusahaan leasing…. bukan diler.

img-20160728-wa0001.jpg

Nah…. bagaimana ciri kalok diskon tersebut merupakan kebijakan diler? gampang…. diskonnya dalam bentuk harga dasar motor… misalnya untuk motor-motor tertentu diberlakukan diskon harga dasar, misalnya dari harga 22 juta menjadi 20 juta atau 19 juta. Tidak mengikat mau beli cash atau kredit harga dasar motor segitu. Kebijakan ini bisa saja karena stok motor tertentu di diler menumpuk, sedangkan target jualan dari pabrikan pusat tetap suplainya.

Kalok diskon harga dari kebijakan pabrikan pusat bagaimana? Nah kalok ini lebih nampak kelihatan…. Biasanya diskon harga meliputi semua diler nasional. Ini juga tidak memandang mau cara cash atau kredit, dan bisa dilakukan di semua jaringan dilernya. Biasanya buang stok nasional atau percepatan penghabisan stok motor dimana versi barunya akan muncul….. nah ini kesempatan dapat motor lebih murah secara massal.

Lha kalok penurunan harga seperti KTM duke dan RC series kemarin model yang mana? jelas itu adalah model ketiga, yaitu kebijakan pabrikan. Skalanya luas, nasional, semoga cara beli cash juga dilayani……

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum