Kebanyakan Bikin Bubur Merah Itu Tidak Baik Suzuki….

suzuki

Yola dulur yang budiman.... Info bahwa pihak suzuki akan meluncurkan bebek injeksi mereka berhembus kencang. Ya…. di segmen ini suzuki sepertinya mau meredesain line produksinyan dimulai dengan bebek dengan judul smash fi. Nama Smash yang sudah almarhum dibangkitkan lagi, ibaratnya Suzuki membuat bubur merah untuk ganti nama, seperti adat jawa… Namun konteksnya kali ini tidak baik efeknya untuk suzuki, minimal dari sudut pandang Deka.

bubur merah
bubur merah

Di adat jawa, saat dirasa ada anak yang sakit-sakitan dan disinyalir karena tidak kuat menyandang nama lahirnya, maka biasanya dilakukan upacara pembuatan bubur merah dalam rangka mengganti nama panggilan si anak tersebut. Dari sudut pandang masyarakat, adat bubur merah ini baik tujuannya agar si anak menjadi sehat tidak sakit-sakitan. Namun kalau diterapkan untuk bisnis motor tentu akan beda efeknya.

Dari sejarahnya, dulu untuk mengisi kelas 110 cc, suzuki melahirkan smash, dan lumayan baik sambutannya. Kemudian terjadilah suicidal tendencies dengan mendowngrade di sektor bodi yang gampang icikiwir, pating slampir bin tremor 😀 . Rusaklah nama Smash di kalangan biker, bertambah lagi image suzuki dari sparepart mahal ketambahan dengan bodi tremor aka geter. Smash generasi berikutnya terkena dampaknya, sampai suzuki memutuskan membuat bubur merah ganti nama menjadi Smash Titan, lumayanlah masih ada bau-bau smash-nya.

new smash 110
new smash 110

Terdapat perbaikan signifikan di smash titan ini, bodi terlihat kuat tertanam di rangka. Pengalaman deka memakai bebek yang bengkak 5 cc menjadi 115 cc ini sangat puas, handling lincah, ringan, rem oke, lumayan responsif, irit, namun jok agak keras, saat riding jarak jauh bikin pantat mati rasa 😀 .

gulf oil

Namun sayangnya penjualannya kurang memuaskan, sehingga kembali suzuki membuat bubur merah, ganti nama menjadi shooter dengan tujuan tolak bala agar penjualannya laris… Namun sekali lagi jauh panggang dari api….Dan sekarang bikin bubur merah untuk kesekiannya, kembali ke nama lahirnya dulu…. Smash….. Akankan membuat peruntungan baru?

Sebenarnya dari kacamata deka, nyungsepnya smash dan bubur-bubur merahnya bukan soal nama. Justru dengan gonta-ganti nama itu membuat zonk brand bebek suzuki ini. Masalah utamanya adalah mindset smash kualitasnya medioker, harusnya dulu suzuki effort di pembuktian balik kualitas smash, bukan dengan ganti nama. Memang butuh waktu lama untuk mengembalikan kepercayaan yang terciderai.

smash fi
smash fi

Bagaimanapun juga awal kelahiran Smash punya nama harum….bebek entry level tangguh. Dulu ane juga pernah memakai smash basuki yang bodinya tremor itu, sebelum kejadian sih ajib bener dinaiki, vibrasi halus, irit, lumayan kenceng…. Untungnya sekarang nama Smash dibangkitkan lagi, dengan sistem pengabutan Fuel Injection 110 cc…..

Jangan bikin bubur merah lagi suzuki…. Pedelah dengan nama Smash….. Yang perlu diperbaiki hanya sektor marketing, after sales…… dan yang penting peliharalah “Jin” …….

Bonus ….. In The Name Of Love….. U2

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum