Katana Dan Gamma Reborn? Patent Baru Mesin Turbocharger Suzuki Berkata Seperti itu

suzuki

 

Yola dulur yang budiman….soal info suzuki sedang mengembangkan mesin motor yang dibekali turbocharger mungkin sudah kita ketahui. Tapi sebelumnya hanya dalam bentuk blueprint dan patent motornya. Suzuki mempersiapkan motor turbochargernya ke dalam desain motor suzuki recursion sebagai paten-nya.

Soal info diatas, juga pernah ngadimin angkat di artikel lampau. Silahkan cek ulang di artikel ini.

https://78deka.com/2015/03/28/lagi-lagi-suzuki-patent-kan-mesin-motor-dengan-turbocharger/

https://78deka.com/2015/04/21/siapa-bilang-motor-sport-nggak-boleh-sohc-nih-malah-pakai-turbo/

https://78deka.com/2016/12/02/interview-mcn-turbo-adalah-rencana-berikutnya-suzuki/

Baru-baru ini suzuki kepergok mengajukan 13 paten buat motor mereka di amerika. Dalam patent tersebut tergambar motor dengan mesin twin paralel engine with turbocharger. Ini merujuk ke mesin dengan kode XE7 suzuki turbocharger yang sempat dipamerkan di Tokyo Motor Show 2015.

Sedangkan motornya sendiri sebagai suzuki recursion sebagai tertuduh utama patent ini. Motor yang sama saat muncul pertama kali tahun 2013. Namun ada perbedaan di bagian frame dan subframe, dimana dulu punya frame trelis sedangkan di patent berupa twinspar.

Pada gambar patent mesin tersebut, bisa dilihat bahwa mesinnya di kelas menengah, 600-700 cc. Tergambar pula sistem lubrikasi atau jalur sistem pelumasan oli, balancer yang berada di depan dan bawah crankshaft. Dan yang unik, mesin dilengkapi dengan dua radiator kembar. Hal ini diterangkan bertujuan agar pendinginan turbocharger saat parkir dan miring terjamin. Air dingin cukup tersedia untuk mendinginkan turbocharger saat mesin mati dan miring ( standard samping ).

13 patent baru ini mengindikasikan kuat bahwa motor suzuki yang dilengkapi turbocharger sudah sangat dekat untuk masuk line produksi. Dan 13 patent baru ini justru menunjukkan perbedaan signifikan dengan gambaran recursion lama. Tapi melihat spek mesinnya, hampir sama dengan kubikasi recursion, yaitu 600 cc. Perbedaan ini mungkin bisa disimpulkan bahwa suzuki recursion hanyalah wadah sementara untuk mesin ini.

Kenapa? Karena selain mendaftarkan patent dengan nama recursion, suzuki juga mendaftarkan nama motor lain yang tak asing bagi fans suzuki… Suzuki Katana dan Gamma…. Hnaahhh…ini bisa jadi petunjuk bahwa katana dan gamma bakal direborn oleh suzuki. Dan ditambahin bonus mesin dengan turbocharger….

Vrooommm…cess…Vrooommm….cess….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil