Kalau Power Suzuki Gixxer 13,9 PS, Yah…..Suram…..

suzuki

Yola dulur….surfing dumay, deka terhenti di tulisan kompas dotcom yang memuat motor Suzuki Gixxer. Motor ini  kemungkinan besar merupakan pelepas dahaga penggemar motor suzuki khususnya kelas sport naked, dimana slot terkhir diisi oleh Suzuki thunder.

Suzuki-Gixxer-side-view

Ya…sudah terlalu lama para laskar suzuki seperti menunggu si godot saat bicara kelas sport suzuki. Namun sepertinya tahun ini penantian itu akan berakhir dengan niatan SIS dengan memboyong Gixxer dan bakal menjadi salah satu model penopang utama penjualan. 

Sport 150 cc bergaya “streetbike” ini pertama kali dipamerkan di Delhi Auto Show, Januari 2014 lalu. Gixxer menawarkan desain modern, agresif, terlihat dari banyak sudut tajam di bodinya. Rangkanya masih diamond tubular, ditutup dengan bodi bergaya delta box. Di India, dibekali mesin baru, 150 cc, silinder tunggal, SOHC, berpendingin udara. Asupan bahan bakar masih menggunakan karburator dipadu dengan transmisi manual 5-percepatan. Mampu menghasilkan tenaga 13,9 PS dan torsi 13,4 Nm.

Suzuki-Gixxer-Pics-engine

Stop dulu……lihat tenaga dan torsi si Gixxer versi karburator ini, 13,9 PS dan Torsi 13,4 Nm. Sebenarnya nggak ada yang salah untuk untuk kelas 150 cc, namun lihat NVL dan CBSF, power rata-rata diatas 16 PS. Ini akan menjadi permasalahan besarbuat Suzuki Gixxer, karena pasar di marih inginnya yang overkill, makin gede power makin disuka. Entah power tersebut entarnya kepakai atau nggak, bisa dieksplor atau enggak itu urusan lain, pokoknya naik motor power gede. Kecuali Suzuki mau menempatkan Gixxer di kelas Verza, New Megapro atau Byson, meskipun denger-denger byson mau upgrade mesin juga.

Kalau SIS ingin menjadikan Gixxer sebagai backbone penjualan motor sport, maka kondisi mesin Gixxer yang seperti itu akan menjadi isu yang sangat gawat. Mau tidak mau SIS harus mengganti mesin Gixxer dengan mesin injeksi dan power yang setara atau lebih dengan CBSF dan NVL, bisa dohc bisa sohc, liquid cooled, injection…yang penting mesinnya overkill…..Gixxer sudah punya bekal bagus di sektor body, dan denger-denger mau dikenalkan di saat PRJ tahun ini. Yok kita pelototin bareng-bareng…..siapa tahu Gixxer lahir melebihi ekspektasi kita…lahir untuk mengobrak-abrik kelas sport 150 cc…who knows…

Bonus…..MotorHead….. Born To Raise Hell

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil