Jurus Anti Crash Mustahil Marquez

suzuki

Yola dulur yang budiman… Jika dulur penggemar motogp, tentu akan tahu betapa ” saktinya ” marc marquez ketika menghadapi kondisi nyaris crash. Berpuluh kali motor sudah nyaris crash, namun secara ajaib bisa kembali bersiri dan berlari kencang. Kata marquez sendiri di media, itu adalah tehniknya, yaitu dengan menahan crash dengan sikunya. Menurut opini ngademin sih, itu adalah jurus anti crash yang mustahil.

Banyak yang bilang, itu adalah ciri khas dan keistimewaan seorang marc marquez. Yaitu mempu membawa motor sampai batas limitnya. Sampai nyaris crash dan dia tahu batas motor sampai sejauh itu untuk berlomba. Tentang crash, diatasi dengan jurus siku menahan motor tadi.

Dari testimoni pembalap honda lainnya, cal crutchlow, marquez adalah pembalap paling banyak yang melakukan kesalahan dan nyaris crash. Silahkan cek di artikel berikut.

Cruthclow : Marquez membuat Rider Honda Lainnya Nampak Idiot

Memang marquez membalap sampai batas limit motor. Namun apakah hanya marquez spesialis pembalap batas limit? Bigshit NO… Jangan meremehkan pembalap motogp lainnya. Mereka juga membalap sampai batas limit kemampuan motornya…. Termasuk crutchlow. Dari statment Iannone, balapan motogp sekarang sudah berbeda dari jaman dulu yang mengandalkan tehnik, serta nyali pembalapnya. Karena motor jaman dulu murni dikontrol oleh tangan kanan pembalap. Tidak ada traksi kontrol. Kegedean buka gas, motor standing atau spin dan ndlosor crash, kurang berani narik gas, diasepin lawan.

Iannone : Jika Hanya 15 Lap, Yamaha Pun Bisa Menang, Kita Sama Saja

Balapan saat ini adalah bagaimana pembalap bisa gaspol, ngerem sekuatnya, masuk tikungan sebaik mungkin, dan akselerasi sebaik mungkin. Kalau diterjemahkan secara bebas, gaspol rem pol. Soal traksi motor, serahkan ke ” komputer “. Disinilah faktor kedigdayaan tehnologi rem, traksi kontrol, elektronik, setting, dan juga tehnologi ” torduktor “. Kesimpulannya, tehnologi motor sangat berperan penting. Pembalap hanya mengejawantahkannya di atas sirkuit.

Kembali ke masalah jurus anti crash. Jika ini merupakan sebuah tehnik penyelamatan, seharusnya bisa dipelajari oleh semua pembalap motogp. Sekali lagi, jangan meremehkan pembalap-pembalap motogp. Mereka nyaris sama tehnik dan skill balapnya. Jika tehnik menahan pakai lutut bisa menyelamatkan crash, sebarusnya semua pembalap bisa melakukannya. Ini adalah hukum dasar sebuah tehnik.

Kenyataannya, seperti kata Carl Crutchlow, hanya marquez yang bisa seperti itu. Terlalu sering nyaris crash dan selamat, sampai dia berolok, nampak bodoh karena tidak bisa selamat dari crash ketika marquez selamat, meskipun sama-sama pakai motor honda, dan tehniknya sama.

Pembuktian tehnik “siku” ini sebenarnya bisa kita lihat saat kejadian Rossi yang crash di sepang kemarin. Mari kita lihat video versi pelannya.

Rossi sudah mempraktekkan langsung apa yang dikatakan marquez tentang tehnik anti crash dengan sikunya… Kenyataannya? Gagal total…. Meskipun sudah mencoba menjulurkan sikunya dan menahan motor, motor terus ndlosor tak bisa dikuasai. Logika saja, seberapa besar daya motor kecepatan tinggi dan beban yang harus ditahan oleh sebuah siku manusia? Apakah mampu menahannya???? Rossi sudah menjawabnya.

Mungkin anda tidak sepakat dengan ngademin. Atau anda punya opini lain, ya boleh-boleh saja sih, karena ngademin juga sekedar asumsi dan opini. Menurut ngademin, jurus anti crash itu muncul karena juga peran arau faktor tehnologi motornya itu sendiri. Tentu peran pembalap ada. Namun peran pentingnya ada di motor.

Apalagi ada tehnologi torduktor, robot keseimbangan ASIMO, atau motor anti jatuh yang barusan diciptakan oleh honda. Kenapa semua dari honda??? Memang belum terbukti secara sahih bahwa anti crash ini murni dari motor. Namun belum ada bukti pula marquez melakukan tehnik yang sama dengan motor lain selain motor RCV no 93 itu.

Video ini juga mengatakan seperti itu. Kembali kejadian sepang kemarin, ketika kondisi yang sama, namun hasilnya 180°. Insiden marquez dan Iannone… Marquez selamat, iannone crash… Padahal di lokasi sama, kondisinya sama…. Yang beda hanya motornya. Sekali lagi, jangan meremehkan skill semua pembalap motogp.

Namun ada satu kesimpulan dimana kita sepakat. Tehnik anti crashnya marquez adalah sebuah misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

 

gulf oil