Jupiter MX VS Truk Box…Rider Kritis !!

mx vs truk
suzuki

Yola dulur… kabar nggak enak, tentang kecelakaan di jalan. Barusan pas menjelang maghrib deka pulang dari kota Cirebon ke arah kampung ane, desa Cisaat Sumber kabupaten Cirebon.

mx vs truk
mx vs truk

Setelah melewati kota kecil Sumber, jalan lurus lebar lumayan mulus, sayang lalu-lintas padat sehingga nggak bisa Italian Tuning Ki Bagong. Saat sampai jalan agak menanjak di pertigaan Pondok Pari atau pertigaan jalan raya Sumber-Rajagaluh-Plumbon terdapat kerumunan orang dan terlihat bekas puing-puing motor. Setelah memarkir Ki Bagong, ane bertanya pada seseorang, barusan terjadi kecelakaan antara sepeda motor dan sebuah truk box Indom*r*t.

Menurut saksi mata, truk dari arah Sumber mau belok kanan arah Plumbon, sepertinya mau pulang ke gudangnya di daerah kejuden. Saat truk belok dipertigaan itu, dari arah Rajagaluh ada sebuah sepeda motor berjalan kencang tidak sempat mengerem, akhirnya terjadi tabrakan ­čÖü . Kalau melihat langsung ┬átempat kejadian perkara, memang dari arah Rajagaluh ke Sumber, atau dari Cisaat ke Sumber jalan hampir 1 km membentang lurus, agak menurun. Menjelang pertigaan tersebut terdapat tikungan cepat parabolik, namun ada blindspot karena perumahan warga, setelah tikungan langsung tepat pertigaan. Sepertinya pengendara terlena dengan jalur tersebut.

mx vs truk
mx vs truk

Motor tersebut seekor Jupiter MX dan pengendaranya seorang pemuda, menurut saksi mata, jupiter berlari kencang sekali sampai tidak sempat ngerem, dan memang bekas ban di aspal tidak ada, menunjukkan tidak adanya pengereman motor. Motor langsung menghantam bok samping belakang kepala truk sebelah kiri, saking kencangnya besi pelindung aki samping truk sampai patah terlepas. Kondisi rider lansung tak bergerak di kolong truk, meskipun memakai helm,namun helm rompal karena kerasnya benturan.

mx vs truk
mx vs truk

 

Kondisi truk sekilas tidak nampak rusak,hanya bagian pelindung akiyang patah dan terlepas. Sebaliknya, motor Jupiter MX bagian depannya hancur total, khususnya batok kepala motor. Melihat fakta-fakta tersebut, ane menyimpulkan bahwa truk memang berjalan pelan karena mau masuk tikungan ke kanan, sedangkan motor dengan kencang menghantam samping truk. jadi sebenarnya kesalahan ada di pihak biker. menurut berita terakhir, biker sedang di oper rumah sakit karena rumah sakit Sumber tidak mampu  menangani korban, terjadi luka dalam dan korban tidak sadarkan diri ( sumber info dari warga yang mengantar ke rumah sakit ).

mx vs truk
mx vs truk

Well… sebenarnya kecelakaan seperti itu bisa dihindari, asal kita selalu mawas diri, memakai INI, seperti yang pernah ane ulas di artikel ini. Selalu patuhi hukum jalan, ikuti apa yang di mau jalan, serta hormati pengguna jalan lainnya. Menurut peneliti, salah satu penyebab kecelakaan adalah kurangnya berbagi jalan dengan pengendara yang lainnya, alias pada tidak mau ngalah. Dan ini menjadi perhatian juga pad instansi terkait, pertigaan besar, kondisi jalan yang berbahaya (pertigaan di ujung tikungan) dan seramai itu, lampu lalu-lintas atau lampu bangjo hanya sebagai hiasan atau tidak berfungsi. Apakah harus menunggu korban-korban lainnya baru mereka memperbaikinya????

Keep Safety Riding….. Lebih baik terlambat 5 menit, daripada lebih cepat 5 menit tapi finis di rumah sakit atau KOIT…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum