Jual Beli Motor Underground : NVL Pakai 4 Bulan Harga 8 Juta, Mau??

suzuki

Yola dulur…. Saat deka kerja mengontrol farm sukabumi, saat itu deka ngga sengaja melihat seekor motor sport naked yang masih kinclong kinyis-kinyis di sebuah gudang di farm. Dari situlah deka tahu ada pasar jual beli underground di dunia motor, bayangkan…. NVL cuma seharga 8 juta!!!!

black market dari google
black market dari google

Pasar motor di negeri ini sekarang hampir sebagian besar ditopang oleh bisnis leasing. Dengan adanya perusahaan pembiyaan ini, memang sangat memudahkan publik untuk mendapatkan sebuah sepeda motor. Bagaimana tidak? Cukup dengan uang 1 juta, 500 ribu, 400 ribu, bahkan cuma bermodal ktp dan kk bisa bawa pulang motor baru. Jangan heran jika penjualan motor sekarang melesat tinggi dibandingkan 5-8 tahun sebelumnya.

Membeli motor menggunakan leasing dilain sisi memang memudahkan dan meringankan soal pembiayaan. Namun di lain sisi, buntutnya sangat tidak mengenakkan, yaitu soal bunga. Nggak kira-kira….bisa mencapai 60-65 %. Bahkan menurut temen deka, mereka para perusahaan leasing ini sudah mirip rentenir….entahlah. Hal ini disebabkan menurut temen deka, karena uang yang diputar adalah hasil minjem bank, selain utk ambil untung dan operasional, mereka kudu setor bunga ke bank….. Pantessss.

Rentetan antara bisnis leasing dengan pasar underground motor punya korelasi yang erat. Bisnis leasing tentu membutuhkan debt kolektor untuk menagih atau menyita motor yang setorannya macet. Apalagi dengan program tanpa DP atau DP ringan, tentu memancing warga yang sebenarnya nggak mampu beli menjadi berani ambil motor baru. Ngeluarin duit 400 ribu, bisa pake motor baru selama 3 bulan….. Nah, tambah sibuk bagian debt kolektor. Kita tahu, kalau debt kolektor tentu dekat dengan orang yang keras…. Mereka akan deket dengan LSM-LSM keamanan.

dari google
dari google

Nah… Komposisi ini membuat sebuah jalur baru yang bisa dimanfaatin oleh kreditur-kreditur nakal. Sebagai contoh ya yang deka temui itu. Dari si empunya NVL seharga 8 juta tersebut, terkuak pasar underground yang buat segelintir orang sangat menggiurkan. Bayangkan, NVL kinyis-kinyis baru 4 bulan cuma ditebus dengan uang 8 juta, itu sudah dengan STNK lho… Non bpkb.

gulf oil

Jalurnya seperti ini, mereka membeli dari kreditur yang memanfaatkan leasing dp murah, setelah ambil motor, mereka memang tidak berniat mencicil, paling cuma 1 bulan pertama, setelah pakai 3-4 bulan dijual tuh motor kreditan sebelum disita debt kolektor. Misalkan saja mereka habis modal 4 juta untuk kredit motor, pakai 3 bulan, jual harga 8 juta tentu untung bagi mereka, dan yang beli juga untung…. Motor 4 bulan dapat harga murah plus STNK……..

Bagaimana dengan perpanjangan STNK atau ganti plat nomer? Para pembeli motor underground ini memanfaatkan “orang dalam”, entah aparat atau orang biasa…. Lancar jaya pokoknya…. testimoni orang tersebut. Bagaimana dengan kreditur nakal yang menjual motornya? Mereka rata-rata berlindung dibalik LSM keamanan, dimana para debt colektor sepertinya enggan berurusan dengan mereka. Aman dah……..

Yang paling diwaspadai oleh pembeli motor cara underground ini adalah waspada dan mengindari perjumpaan dengan debt colektor, karena bisa langsung sita di tempat…. Weh…. Enak bener ya…. 8 juta dapat nvl kinyis-kinyis….. Mau???? Kalau deka ogah ah…… Nggak sehat buat mental, dan kita menjadi 1 mata rantai kejahatan…. Idiiiiihhhh….

Bonus…. Smooth Criminal… Michael Jackson

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum