Joan Mir : Elektronik MotoGP Membuat Semua Lebih Mudah

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Balap motogp sekarang sudah sangat berbeda dengan satu dekade yang lalu. Setelah Ianonne blak-blakan beberapa bulan yang lalu, kini Young prodigy suzuki, alex rins juga membocorkan motor kelas motogp… Elektronik sangat membantu dan membuat semuanya lebih mudah.

Di artikel ianonne, dia bilang style gaya balap modern sudah berbeda jauh dengan era klasik dimana skill, mental, dan nyali pembalap berperan utama…selain tehnologi motor. Kini…. Gaya racing berbeda karena elektronik memegang peran sangat vital…. Apalagi unifikasi ECU.


Kini, bocoran statment dari Joan mir yang hanya 1 musim di kelas moto2 dan langsung ke kelas raja, dia mengatakan bahwa motor moto2 lebih spesifik ( lebih susah? ) Dikendarai saat balapan dibandingkan motor kelas motogp.

Comparing Moto2 and MotoGP machinery, Mir said: “It’s strange: the Moto2 [bike] has a [specific] way of riding. 

Penyebabnya, karena motor kelas motogp sudah sangat canggih bagian elektroniknya. Apalagi motor yang juga dilengkapi torduktor, anti wheelie, anti spin… Dan tentunya pengatur keseimbangan…. Dan bagian elektronik ini sangat membantu pembalap, dan kata Mir : membuat semuanya lebih mudah dilakukan.

The MotoGP bike is a racing bike. Also, the electronics help you a lot and make it a lot easier to work with. 
“It’s much better [than Moto2]. I don’t know if it’s more easy, but it’s not really difficult. [It’s] more fun, that’s for sure, for me especially.”
He added: “I enjoyed exiting the corners. The power, it’s really good. Also, you spend a lot of time on the brakes and it’s really curious because with the other bikes I rode in the past, it was not like this.”

Dari statment dua pembalap motogp ini, bisa diambil kesimpulan bahwa balap motogp sekarang, motor sangat berperan penting. Menurut Iannone…. Rider tinggal berkendara secara efisien, masuk cepat keluar cepat….. Soal traksi, pengaturan keseimbangan, pengaturan tangan kanan, semua sudah diatur oleh elektronik.

Apalagi jika motornya super duper canggih, misalnya bisa mengoreksi keseimbangan melalui perputaran ban belakang… Ini mengurangi resiko pembalap crash ketika melakukan kesalahan…. Overlimit. Apalagi jika motor berbahagia dengan kompon ban sehingga lebih awet sampai garis finish……

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum