Jika Untuk Kerja Atau Usaha, Bebek Adalah Pilihan Yang Paling logis

suzuki

motor-bekas

Yola dulur, sudah lama deka tidak menyentuh blog karena suatu hal, dan mungkin ke depannya untuk sementara waktu juga masih belum janji bisa lancar artikelnya. Namun kali ini mumpung ada mood menulis deka akan mengajak sedikit diskusi tentang pilihan motor yang akan dipilih saat pertama kali mempunyai motor.

Kali ini mari kita bicara tentang memilih motor pertama yang akan kita beli ditinjau dari sudut pandang manfaat dari sudut pandang ekonomi. Ya… motor pertama adalah motor yang sangat dominan kegunaan serta nilai ekonomis dari motor itu sendiri, baik fungsionalitas, efisiensi bbm, perawatan, serta daya tahan atau daya tahan atau endurans dari motor tersebut. Soal desain, monggo dipilih yang sesuai selera. Sedangkan performa…hmmmmm asal cuma selisih 11-13 ndak begitu pengaruh, karena pertimbangan faktor-faktor diatas  jauh lebih penting. Kecuali performa di 11, efisiensi juga keok…. yah…. kaga dah 😀 .

suzuki-smash-revo-01

Nah di sini deka punya opini, pilihan yang paling logis untuk motor pertama yang bertujuan untuk menunjang perekonomian alias serbaguna, bisa untuk dagang, kerja, membawa barang dagangan, bisa untuk jalan-jalan dengan keluarga, atau intinya bisa diajak kompromi apapun adalah BEBEK. Ya motor bebek atau cub ini menurut deka adalah spesies motor yang kaga ada matinya. Kondisi medan apapun asal tidak ekstrim bisa dilampaui, jalan tanah, bebatuan kecil, jalan aspal mulus, gravel dan lain-lain siang dilewati tanpa kendala berarti.

Yamaha All New Jupiter Z1 7

Begitu juga soal efisensi bbm, sepertinya bebek juga masih unggul dibanding metik maupun batangan…..secara umum. Meskipun masih oper gigi, namun tidak terlalu memakan tenaga dan usaha lebih karena sudah menggunakan kopling otomatis, tidak membebani tangan menarik tuas kopling saat jalan ramai maupun macet. Bagitu juga soal perawatan, bebek adalah motor yang paling ekonomis perawatannya, tidak sebanyak metik yang tingkat keausan partnya yang kudu diganti, oli hanya satu macam yaitu oli mesin doang…. tapi bukan 2 tak lho ya… 😀 .

Soal keamanan dan handling, sepertinya bebek juga pilihan paling aman, bodi tidak sebongsor motor laki atau batangan, namun tidak sekecil metik, khususnya bagian ban yang diameternya lebih besar dibanding metik, sehingga untuk perjalanan agak jauh maupun menerjang lubang di jalan lebih aman dibanding metik. Desain  bebek yang underbone atau rangka melengkung ke bawah tubuh kita membuat motor ini nyaman dan lebih lincah dibanding motor laki.

Itulah beberapa faktor, kenapa bebek adalah pilihan pertama untuk biker yang sangat menghargai faktor ekonomi. Memilih motor berdasarkan segi ekonomisnya. Dimana posisi metik dan sport atau batangan? di kesempatan lain kita bahas bersama. Jika punya opini lain, silahkan dishare saja…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil