Jika Suzuki DR 150 Masih Seperti Ini, Mending Nggak… Harus Ada Perbaikan Desain!

suzuki

Bicara suzuki DR150, ini bukanlah rumor. Tapi sebuah realitas proyek yang sebenarnya nyaris sudah ada di pasaran. Kala itu ngademin protes keras…. Jika membawa nama DR tapi desain masih seperti itu, mending ngga usah. Perubahan desain adalah wajib.

Bukan sebuah rahasia, kalau suzuki ingin meluncurkan motor dual purpose di tahun 2019 ini. Membawa ketenaran nama DR di line up motor cross suzuki, adalah mempermudah penetrasi. Nama DR sudah lumayan harum dan diakui ketangguhannya. Suzuki DR200 menjadi andalan pasukan brimob dalam mobilitasnya. Dan terbukti tangguh.

Masalahnya hadir ketika motor yang akan dinamai dengan DR150…. jangan lagi mengulangi kesalahan bandit 150. Ketika awal isu bandit, trending kemana-mana, nama suzuki bandit adalah jaminan daya tarik. Namun begitu wujud motornya muncul, pusss……. Ribuan komplain yang muncul…. Bandit kok gitu?

Disinilah PR suzuki. Jangan masuk ke lubang yang sama…. lubang empal sih enak… enak banget malah…. 🤣. Tapi lubang kesalahan? Fatal….. opsinya minimal ada 2…. jangan murni memakai nama DR dan perbaikan desain. Ya… motor dual purpose yang akan dinamai DR150 adalah motor haoujue 150. Jangan bicara kualitas…. Ngademin bilang terjameen. Tapi soal desain. Secara umum, desainnya terlalu tiongkok dan maaf ” murah “. Yang paling perlu diubah desainnya adalah sektor headlamp dan spakboard depan…. Terserah mau diubah seperti apa, yang jelas harus berubah.

Sektor muka adalah perwakilan sebuah desain. Dan menjadi penentu keren tidaknya sebuah desain. Minimal, itulah yang berlaku disini, dimana jemari netizen begitu kejam dan nyinyir. Begitu desain diluar mindset dan bullyable, siap-siap khatam kariernya.

Satu lagi, meskipun ini tidak sefatal desain headlamp dan spakboard depan…. rem teromol belakang masih nampak outdate. Di sini kadang gaya mengalahkan fungsi. Suzuki mungkin berpikir bahwa dengan teromol, rem belakang lebih terjamin dari sisi kebersihan dan fungsi saat digunakan offroad. Dan perawatan lebih mudah dan murah. Namun akan kalah mindset dengan ” Yah…. Masih teromol, bukan rem cakram “. Persetan dengan perawatan dan gampang kotor…. Yang penting gaya dan kekinian……

Bro Kardiman sudah memberikan sebuah contoh proyek upgrade desain dari suzuki DR150… Namanya pun tidak murni DR, tapi DR150S. Sisi headlamp diganti dengan jenis headlamp trail umumnya, bentuk kotak dan spakboard trail, bukan bawaan asli haojue yang mirip paruh bebek.

Dengan ubahan kecil ini saja, secara desain lebih masuk ke selera Indonesia. Apalagi kalau desainer suzuki langsung? C’mon…. Bikinlah yang lebih keren… Kalau masih seperti kemarin….. Mending nggak usahlah…. Buang-buang duit…. Susah diterima desainnya.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply