Jawaban Rossi Tentang Ban Michelin Dan Team Musim 2017

suzuki

rossi tes

Yola dulur yang budiman….. melanjutkan artikel wawancara eksklusive  media MCN dengan valentino rossi. Kalau sebelumnya membahas soal ECU homologasi dan impact terhadap balapan, kini akan membahas soal perubahan ban bridgestone ke michelin, serta planning rossi setelah kontrak dengan yamaha selesai di musim 2016.

Semenjak pindah dari Ducati, Rossi telah menyepakati kontrak dengan team yamaha. Terakhir, kontraknya akan selesai selepas musim 2016 finish di Valencia nanti. Masa depan rossi masih penuh tanda tanya. Begitu juga dengan performanya di musim 2016 ini dengan ban michelin. Berpedoman hasil test post balapan valencia musim 2015, banyak pembalap yang melakukan testride menggunakan ban michelin, termasuk VR46. Dan hasilnya, banyak yang ndlosor… termasuk si Italian oldcrack.

michelin
michelin

Sumber permasalahannya, ban michelin khususnya ban depan, grip ke aspal tidak sebagus bridgestone. Harap di maklum, karena bridgestone konsern terhadap ban depan, makanya di musim sebelumnya banyak aksi ngedrift atau rear sliding, sedangkan ban depan tetep anteng. Karakter Michelin dari dulu memang mengutamakan grip ban bagian belakang, meminimalisir rear sliding, mengajak rider masuk tikungan secara smooth. Otomatis grip ban depan tidak sebagus bridgestone.

gulf oil

Braking Time, akan berperan besar di balapan musim 2016 nanti. Terlalu cepat masuk tikungan, resiko sliding lebih besar. Hal ini juga menjadi concern rossi, doi hanya bilang harus beradaptasi lagi gaya ridingnya untuk berkompromi dengan grip ban depan michelin. Lagian, menurut Rossi, 6 tahun awal balapan dia adalah memakai ban michelin. Tinggal bagaimana Rossi merasakan kembali feel ban tersebut, doi kudu membongkar memori lama yang tersimpan di dalam otaknya. Doi berusaha keras trackback feel ban michelin dari pengalamannya lampau. Tapi doi tidak begitu khawatir…. memori itu akan muncul…… yakin rossi.

MotoGP_2012_PhillipIsland_rossi

Kemudian seputar gossip nasib the doctor pasca musim 2016 berakhir, doi cuma menjawab diplomatis. Memang banyak beredar rumor bawa doi akan pensiun, ada pula yang menghembuskan gossip doi direkrut tim Suzuki…. ( walaupun kalo iya, deka akan tepuk tangan 😀 ). Ada juga yang bilang, rossi akan membela bangsanya dengan menggunakan motor Italia, Aprilia. Namun semua hanya sekedar gossip bumbu motogp. Rossi hanya akan fokus menjalani musim 2016 ini, memaksimalkan motornya untuk merealisasikan ambisinya untuk juara dunia ke 10 kali. Soal apa yang akan terjadi setelah, itu akan dipikirkannya setelah musim 2016 selesai. Yang jelas semangat balap rossi belum luntur, masih sangat mencintai dunia sirkuit motogp.

Sumber: MCN

Semoga bermanfaat

Wassalmualaikum