Jangan Bleyer-Bleyer Saat Pemanasan Mesin

suzuki

Yola dulur yang budiman… Dalam beberapa artikel, sudah diterangkan bahwa mesin motor modern pun tetap butuh pemanasan mesin di pagi hari. Artikel 78deka.com mungkin bertentangan dengan klaim tehnisi pabrikan soal mesin modern yang tidak butuh lagi pemanasan. Kali ini kita bahas cara pemanasan mesin yang baik, yaitu jangan melakukan gas pol rpm tinggi atau “bleyer-bleyer“.

Kenapa artikel ngadimin bertentangan dengan klaim tehnisi pabrik? Karena alasan mereka bahwa mesin modern tidak butuh pemanasan pagi hari hanya menyangkut sistem karburasi yang diganti oleh sistem injeksi, dalam rentang suhu berapapun sistem injeksi akan mengikuti suhu mesin secara ideal. Itu saja….padahal ada hal yang jauh lebih penting dari itu… Sistem lubrikasi.

Mesin Terkini Tetap Butuh Pemanasan Di Pagi Hari

SAE Oli Mana Yang Paling Pas Untuk Motor Tropis?

Masih Perlukah Manasin Motor Injeksi Di Pagi Hari ?

 

Sistem lubrikasi lebih penting daripada sistem karburasi… Sistem lubrikasi atau pelumasan akan menentukan keawetan dan menjaga mesin tetap di performa terbaik. Tentu ujung-ujungnya adalah cost atau keekonomisan dalam memelihara motor.

Nah…dalam pemanasan mesin, sering sekali ngadimin ngadimin mendengar atau melihat para tetangga yang awam tentang motor menyalakan mesin motornya, kemudian ngegas…. bleyer-bleyer sampai mesin meraung tinggi. Katanya dengan cara itu, mesin akan cepat panas dan bisa cepat dipakai. Ini adalah cara yang salah. Kenapa?

Saat motor didiamkan semalaman, oli akan turun semua ke bak penampung, perlu waktu untuk bersirkulasi. Yang kedua, suhu mesin belum ideal, maka mesin belum siap bekerja secara maksimal, dan tentunya butuh bbm yang lebih banyak. Ketiga, mempercepat keausan mesin…ingat, saat oli belum bersirkulasi sempurna dan mesin dipacu rpm tinggi maka keausan akan meningkat… Ingat ( lagi )..keausan mesin terjadi 90% saat start up. Keempat, yang jelas mengganggu tetangga sebelah karena suara lebih berisik.

Dan ingat ( sekali lagi )…saat suhu mesin dingin, dan mesin dipaksa bekerja di rpm tinggi, maka sisa bbm yang tak terbakar lebih banyak, hal ini akan memperparah kejadian Fuel Dilution. Sisa bbm merusak oli mesin. Jadi seperti bunuh diri saja.

Kenapa keausan meningkat saat pemanasan sambil bleyer-bleyer? Bahkan ketika anda memakai oli encer 0w-30…. Mari kita simak berdasar ilmu kinematic viscosity  

Oli encer yang membuat slip kopling di motor dengan sistem kopling basah seperti oli sae 0w-30 saja, saat suhu 40°C masih mempunyai kv 40. Padahal ideal kekentalan oli maksimum adalah kv 10. KV 40 masih lebih kental dari yang dibutuhkan mesin yang butuh kv 10, plus minus 5. Dan itu baru suhu 40°C…  Bagaimana dengan suhu pagi hari kita yang bisa mencapai dibawah 20°C? Akan lebih kental lagi kondisi olinya….

Jadi…saat pemanasan di pagi hari, cukup start mesin motor anda, kemudian biarkan iddle selama kurang lebih 2-3 menit, sampai mesin hangat kemudian operasionalkan secara wajar. Top perform oli justru akan bekerja maksimal menjelang kipas radiator ( mesin water cooled ) menyala…itulah suhu ideal mesin sekitar 100°C.

Jadi, ngga usah bleyer-bleyer lagi yak Lur….. Berisik tauk???!!!

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*